Deretan Makanan yang Bikin Anda Kenyang Tahan Lama

Kacang-kacangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Benarkah konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi membuat seorang cepat merasa kenyang? Menurut ahli gizi Amanda Ursell, proses pencernaan manusia lebih kompleks dari hal itu.

Bahan Makanan Sehari-hari yang Berpotensi Menjadi Racun

Tapi, menurutnya, ada beberapa makanan yang mampu mengelabui pencernaan, dengan membuat perut merasa kenyang. Dengan begitu, kata dia, mengonsumsi makanan yang hanya akan menumpuk lemak bisa dihindari.

Bahkan, Anda bisa jadi tak tergoda untuk menikmati camilan yang mengandung lemak dan bikin gemuk. Seperti dilansir dari The Sun berikut daftar mekanan yang bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Kacang-kacangan

Ketahui Jenis Camilan yang Bikin Cepat Kenyang

Mengonsumsi kacang membuat seorang cepat kenyang karena kacang lama dicerna dan membuat kenyang lebih lama. Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein dan serat.  Keduanya mampu membuat Anda merasa kenyang.

Smoothie pisang

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Mencampur pisang menjadi smoothie, aman menambah udara yang membuat otak berpikir bahwa asupan itu cukup membuat kenyang.

Mencampur susu dan smoothie pisang sangat baik untuk membuatnya terlihat jauh lebih mengenyangkan. Pengujian telah menunjukkan bahwa orang yang minum smoothie pisang cenderung makan lebih sedikit saat makan berikutnya dibandingkan mereka yang mengonsumsi smoothie lainnya.

Apel
Para ilmuwan menemukan makan apel setiap hari selama sebulan membantu mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan makanan mereka.

Satu buah apel sehari selama sebulan  dapat membantu mengurangi porsi makan lebih sedikit dengan meningkatkan kadar hormon yang membuat kenyang, GLP-1 dan PYY, menurut para ilmuwan dari Institut Rowett di Aberdeen.

Mereka menemukan bahwa selama periode 28 hari, pektin dalam apel, yang berisi hormon, membantu mengurangi nafsu makan dan memotong asupan makanan.

Dark chocolate

Mengonsumsi dark chocolate di antara waktu makan bisa membantu Anda makan hingga 17 persen dengan kalori lebih sedikit saat makan berikutnya, seperti diungkap sebuah studi di University of Copenhagen.

Dark chocolate terbukti mampu membuat seorang merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis lainnya dan lebih efektif dibanding cokelat susu.  Hal ini  disebabkan rasa kakao yang lebih intens dalam dark chocolate, menciptakan  sensorik kenyang yang lebih baik.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya