Ini Sebabnya Alkohol Lebih Berbahaya pada Wanita

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Konsumsi alkohol, pasti memberi dampak pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Namun, alkohol ternyata berdampak lebih buruk pada wanita.

Google Trends Sebut Pamor Minuman Beralkohol Naik akibat Virus Corona

Dilansir dari laman Medical Daily, terdapat beberapa alasan, pengaruh alkohol yang berbeda pada pria dan wanita. Pertama, wanita memiliki berat badan yang lebih ringan. Hal tersebut, ternyata berdampak cukup besar.

Berat badan yang lebih ringan, memberi ruang pada sel-sel tubuh untuk terpapar alkohol lebih banyak. Kelompok wanita juga memiliki kuantitas enzim lambung yang lebih rendah, untuk membantu memproses alkohol. Sedangkan pada pria, enzim lambungnya lebih banyak, yang menguntungkan dalam memproses alkohol di tubuh.

Ini Orang Pertama di Dunia yang Ditangkap Polisi Gara-gara Mabuk

Selain itu, wanita memiliki cairan tubuh yang lebih sedikit, yang membuat konsentrasi alkohol lebih banyak di tubuh. Dibandingkan pria yang memiliki cairan berlebih pada tubuhnya, sehingga membantu dilatasi (pembesaran) alkohol lebih mudah.

Dengan demikian, ragam penyakit usai mengonsumsi alkohol, lebih berpeluang mengincar kaum wanita. Konsumsi alkohol berlebihan, memicu masalah makan, depresi, dan kecemasan.

Daftar Minuman Beralkohol yang Populer di Indonesia

Mengerikannya lagi, alkohol dikaitkan dengan tingginya penyakit berat seperti kanker payudara dan kanker hati, gangguan pada otak, serta bahaya yang mengintai jantung. Tidak jarang, mereka yang menjadi alcoholic, sangat sulit lepas dari minuman beralkohol dan malah membahayakan dirinya, serta orang di sekitarnya. (asp)

Ilustrasi minuman beralkohol.

Minuman Beralkohol Disebut Bisa Membunuh Virus Corona, Benarkah?

DIjelaskan bahwa alkohol kadar tertentu bisa mematikan virus corona.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2020