Botox Diklaim Juga Bisa untuk Terapi Penyakit Saraf

Ilustrasi perawatan kecantikan.
Sumber :

VIVA.co.id – Tremor atau gemetaran pada beberapa bagian tubuh, tanpa sebab, cenderung menganggu aktivitas. Meski tidak bisa disembuhkan, tremor dapat diobati dengan beberapa pilihan, salah satunya suntikan botulinum toxin.

Pria Ini Kecanduan Filler Demi Bibir Monyong Marilyn Monroe

Proses pengobatan pada kondisi tremor, dimulai dengan pemberian obat-obatan medis. Obat medis yang diberikan pada kondisi tremor, tetap menjadi pilihan utama dalam terapi pengobatannya.

"Memang tremor itu belum ada penyembuhannya, tapi sebaiknya dibantu diturunkan gejala gemetarnya, karena sebagian besar merasa mengalami penurunan kualitas hidup. Pemberian obat medis bertujuan untuk meningkatkannya," ujar spesialis saraf dr. Frandy Susatia SpS, dalam temu media di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis 13 April 2017.

Disuntik Botox, Tiga Wanita Ini Sekarat dan Jadi Lebih Tua

Menurut Frandy, jika obat medis tidak lagi memberi dampak kuat pada kesehatan tubuh seseorang, tremor dapat diatasi dengan penyuntikan toksin botulinum atau botox. Sebab, botox sebenarnya dibentuk sejak awal untuk penanganan pada gangguan saraf ini.

"Toksinnya harus disuntik di dalam otot target dengan spesialis terlatih. Bisa diberikan ulang dalam empat hingga enam bulan. Jenis botox ini mungkin lebih dikenal untuk kecantikan, padahal awalnya dibentuk untuk gangguan saraf," ujar Frandy.

Kelebihan Botox Nonsuntik Dibanding Botox Suntik

Menurut dokter yang bekerja di RS Siloam itu, suntikan botox dilakukan guna meringankan getaran di kepala atau pun leher. Efek samping yang dihasilkan juga terbilang minim bahkan sama sekali tidak ada.

"Karena kekakuan saraf di sekitar kepala dan leher, botox diberikan untuk memfiksasinya. Dampaknya paling hanya bengkak sebentar di bagian yang disuntik, selebihnya enggak ada. Malah kulitnya jadi ketarik dan terlihat awet muda," lanjut Frandy. (ren)

Derrick Belan tidak menjelaskan motif penyalahgunaan dana serikat buruh tersebut.

Bos Serikat Buruh di Australia Salahgunakan Dana untuk Botox

Dana yang diselewengkan Derrick Belan itu setara Rp6,5 miliar.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2018