Permen Karet ini Diklaim Mampu Deteksi Kanker

Ilustrasi permen karet.
Sumber :
  • Pixabay/giesje

VIVA.co.id – Sebuah inovasi dalam dunia medis baru-baru ini ditemukan. Sebuah permen karet kini bisa mendeteksi adanya kanker dalam tubuh seseorang, caranya dengan menganalisis lewat air ludah sebagai deteksi awal adanya penyakit. Jika penelitian yang masih dikembangkan ini berhasil, maka untuk kemudian hari pasien kanker tidak perlu lagi menjalani tes darah dan tes urine.

7 Penemuan Menarik Ini Ternyata Diciptakan dari Kesalahan, Apa Saja?

Seperti dilansir dari laman The Sun, permen karet menyerap apa yang dikenal sebagai “volatil” dalam air liur seseorang saat mereka mengunyah. Hal ini kemudian dianalisis untuk menentukan apakah itu mengandung bahan kimia tertentu yang diproduksi dalam tubuh ketika seseorang memiliki kanker.

Katherine Bazemore, Chief Executive Volatile Analysis, perusahaan yang mendanai penelitian permen karet untuk deteksi kanker ini menjelaskan bagaimana volatil senyawa organik yang diproduksi oleh tubuh saat menginvasi kanker.

Hati-hati Ada Permen Karet Ganja

Senyawa ini unik untuk setiap jenis kanker dan oleh karena itu, berdasarkan analisis dari gusi, dokter akan dapat menentukan jenis kanker pasien.

Mereka memilih media permen karet, karena untuk beberapa kasus permen karet berada di dalam mulut untuk jangka waktu yang lama. Sehingga memungkinkan senyawa volatil tersebut diambil.

Lewat Hal Ini, Tipe-X Siap Bawa Nostalgia

Permen karet ini masih dalam tahap pengujian sehingga terlalu dini untuk mengetahui seberapa efektif fungsinya bagi penderita kanker. Tapi produsen permen karet ini mengatakan mereka berharap untuk membuat permen karet yang tersedia untuk dokter dan pasien tahun depan. (one)

Ilustrasi permen karet.

Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Buat Orang Berhenti Merokok?

Berdasarkan data Global Adult Tobacco Survey 2021 yang diluncurkan Kementerian Kesehatan terjadi penambahan jumlah perokok dewasa sebanyak 8,8 juta orang

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2024