Studi: Rasa Cemas Mampu Tingkatkan Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA.co.id – Memiliki rasa khawatir atau cemas ternyata berdampak positif bagi tubuh. Faktanya, rasa khawatir pada hal tertentu memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Waspada Baby Blues, Inilah Hal-hal yang Dibutuhkan Seorang Ibu Usai Melahirkan

Dilansir dari laman Medical Daily, psikolog Kate Sweeny menuturkan bahwa rasa khawatir mampu menjadi sebuah motivasi dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Kate menjelaskan mengenai sisi positif rasa khawatir dalam studi Social and Personality Psychology Compass.

"Wanita dengan rasa cemas berlebihan akan lebih rajin menggunakan tabir surya dan tercatat jauh dari kanker," ujarnya.

Berkaca Pada Malaysia, Begini Jaga Kesehatan Tubuh dan Kulit di Tengah Gelombang Panas

Menurut Kate, rasa khawatir yang timbul biasanya sebuah tanda masalah serius dan memotivasi Anda untuk segera beradaptasi dengan melakukan sesuatu. Misalnya, ada kekhawatiran tertular penyakit menular seksual, maka Anda akan segera mengambil langkah untuk memeriksa dan mencegahnya.

Kemudian, Kate menjelaskan bahwa seseorang yang terus menerus memikirkan kekhawatiran akan kesehatannya, akan menjadikan rasa khawatir sebagai sebuah stressor. Misal, mereka yang khawatir akan mengalami kecelakaan mobil, tidak akan pernah lepas dari pemasangan seatbelt-nya.

Ini Tips Membersihkan Wajah dan Cuci Muka yang Benar Biar Kulit Sehat

Terakhir, Kate melanjutkan, rasa khawatir memberikan tubuh perasaan lebih untuk mengatur waktu dan lebih sigap dalam menjalani suatu hal. Misal, khawatir saat akan di interview kerja, membuat Anda akan terus menerus mempersiapkan diri secara matang.

"Rasa khawatir memberikan motivasi proaktif agar tubuh memiliki kenyamanan dan kesiapan pada hal-hal buruk yang akan datang. Dalam hal ini, rasa khawatir memicu tubuh agar aktif mempersiapkan rencana B saat rencana pertama gagal," jelasnya. (ren)

Ilustrasi masker jelly.

Coba Masker Wajah DIY dari Nanas untuk Kulit Bercahaya Secara Alami

Jika Anda percaya pada kekuatan vitamin C, Anda akan menyukai nanas, karena kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat bagus untuk kulit Anda, terlebih untuk mencerahkannya.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023