Tiga Hal Ini Bikin Wanita Sulit Capai Orgasme

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Adrianna Calvo

VIVA.co.id – Orgasme merupakan suatu bentuk kepuasan saat bercinta. Tapi, sayangnya, tidak semua kaum hawa mampu mencapai kepuasan tersebut karena beberapa faktor.

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Salah satu faktor penyebabnya yakni rasa cemas yang dirasakan oleh beberapa wanita. Ternyata, rasa cemas berlebihan memicu kesulitan dalam mencapai orgasme saat bercinta.

"Kebanyakan kaum wanita tidak mencapai orgasme bukan karena masalah medis, melainkan faktor kesehatan mentalnya yang berpikir bahwa dirinya belum mampu mencapai orgasme," ujar direktur Female Sexual Medicine Program, Leah S. Millheiser, M.D., dilansir dari laman Glamour.

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Depresi juga berpengaruh pada tubuh wanita dalam mencapai kepuasan klimaksnya. Sebab, obat medis yang dikonsumsi untuk mengatasi depresi, berdampak pada penurunan gairah seksual wanita.

Tak hanya itu, perubahan hormon pastinya berpengaruh besar pada tubuh wanita, mencakup saat memberikan ASI, pemakaian pil KB, serta menopause. Sebab, perubahan hormon berkaitan erat dengan pengenduran dan fungsi saraf, sehingga puncak kenikmatan kala bercinta menjadi menurun.

Seks di Pagi Hari Lebih Mudahkan Pasangan dapatkan Keturunan?

Selain kesehatan mental, Leah membenarkan adanya faktor kesehatan medis yang turut berperan dalam memicu kepuasaan puncak usai bercinta. Kondisi yang berkaitan dengan orgasme yaitu kelainan peripheral vascular atau berkurangnya peredaran darah menuju area organ intim sehingga membuat orgasme sulit terjadi.

"Jika seseorang mengalami gangguan pada vaskular periferal (peredaran darah pinggir), karena diabetes atau hipertensi, artinya aliran darah terhambat menuju genital. Aliran darah yang terhambat itu membuat orgasme tidak akan terjadi dalam waktu lama dan cepat," katanya menambahkan. (mus)

ilustrasi organ intim/vagina/ keputihan

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Masih banyak wanita yang mengalami masalah kewanitaan, seperti infeksi saluran kemih maupun problem di area vagina. Beberapa masalah lain di antaranya vaginitis atrofi.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024