Kenali Porsi Makan Tepat dengan Mudah

Ilustrasi makanan bernutrisi
Sumber :
  • Food Beast

VIVA.co.id – Kekurangan nutrisi, seringkali dipicu dari minimnya informasi mengenai kebutuhan gizi dalam tubuh. Untuk itu, terdapat cara mudah mengetahui porsi makan tepat melalui takaran satu tangan saja.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Nutrisi yang mencukupi, berperan penting dalam perkembangan tubuh. Terlebih, dampak yang dihasilkan sangat berpengaruh pada performa tubuh di kemudian hari.

"Anak-anak yang kekurangan nutrisi akut, bisa menjadi kurus. Mereka yang kekurangan dalam jangka panjang, akan terlihat pendek.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Sehingga penting memahami dan mengaplikasikan nutrisi seimbang," ujar Kepala Departemen Medik Ilmu Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Fiastuti Witjaksono, dalam acara Nutrition Quotient, di kawasan Menteng, Jakarta, Senin 8 Mei 2017.

Selain itu, Fia menjelaskan bahwa nutrisi yang kurang dapat berdampak pada perkembangan otak anak. Demikian juga pada anak yang kelebihan berat badan akan menimbulkan penyakit sindrom metabolik.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

"Anak yang obesitas, berisiko mengalami penyakit sindrom metabolik, seperti hipertensi, penyakit jantung, serta stroke. Maka, konsumsi nutrisi harus dalam porsi tepat," katanya.

Kelebihan dan kekurangan nutrisi, lanjut Fia, memiliki dampak yang sangat berbahaya. Untuk itu, cara mudah memahami porsi untuk tubuh yakni dengan telapak tangan.

"Porsi minyak yang digunakan yakni tujuh sendok makan. Kemudian pada buah dan nasi yaitu segenggam tangan, lauk sebesar se-telapak tangan, dan sayur dua tangkap tangan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya