BPOM Musnahkan Obat dan Makanan Ilegal Senilai Rp1,5 Miliar

Logo Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.
Sumber :

VIVA.co.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan memusnahkan makanan dan obat ilegal senilai Rp1,5 miliar. Pemusnahan ini dilakukan di Maluku, setelah sebelumnya juga dilakukan di Kalimantan Selatan dan Jakarta. 

Asosiasi Industri AMDK Diminta Percayakan Penuh ke BPOM soal Label BPA

“Obat, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen, dan pangan ilegal yang dimusnahkan hari ini merupakan barang bukti hasil pengawasan Balai POM di Ambon selama tahun 2015 hingga triwulan pertama tahun 2017. Serta barang bukti penyidikan tahun 2015 dan 2016 dengan total lebih dari 3.700 jenis,” ujar Kepala Badan POM, Penny Lukito, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 10 Mei 2017

Pemusnahan secara simbolis dilakukan di lokasi kantor Balai POM di Ambon, untuk selanjutnya dimusnahkan di tempat pembuangan akhir di wilayah Toisapu. Sepanjang tahun 2016 lalu, Balai POM di Ambon telah melakukan penindakan secara pro-justitia atas 9 perkara pelanggaran di bidang Obat dan Makanan. 

Demi Kesehatan Anak, Arist Merdeka Sirait Minta BPOM Lakukan Ini

Semua  perkara tersebut terkait kosmetik ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya. Di samping itu, Badan POM terus meningkatkan kemitraan dengan berbagai lintas sektor, tak terkecuali sektor akademisi termasuk Universitas Pattimura. 

Sebelum melakukan pemusnahan obat dan makanan ilegal, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang penelitian dan pemberdayaan masyarakat. 

Vaksin Merah Putih Diprediksi Siap Juli, Akan Jadi Booster COVID-19

Kerja sama itu dilakukan antara (1) Kepala Badan POM RI dengan Rektor Universitas Pattimura, dan (2) Kepala Balai POM di Ambon dengan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pattimura. (one)
 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Bareskrim Selidiki Kopi Diduga Mengandung Paracetamol dan Obat Kuat

Bareskrim akan menyelidiki temuan BPOM terkait sejumlah merek kopi mengandung paracetamol dan obat kuat

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022