Jangan Abaikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Ilustrasi cuci tangan.
Sumber :
  • Pixabay/ offthelefteye

VIVA.co.id – Mencuci tangan diketahui sebagai salah satu cara mencegah timbulnya penyakit akibat kuman dan dianggap paling efektif dalam menghentikan proses penularan penyakit. Namun, untuk mencapai efektivitas tersebut, cuci tangan harus dilakukan dengan cara yang benar.

Reino Barack Ungkap Hal yang Bisa Buat Syahrini Marah

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia (PERDALIN), dr. Ronald Irwanto, SpPD - KPTI, menjelaskan bahwa mencuci tangan yang terpenting adalah mengandung unsur menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela jari, dan ujung jari.

"Bagaimana urutannya tidak masalah, yang terpenting ada unsur itu. Tetapi, kalau yang biasa kita ajarkan di PERDALIN adalah 'tepung selaci putput'," ujar Ronald kepada VIVA.co.id.

Piala Dunia U-20 Batal di RI, Partai Garuda: Para Penolak Tim Israel Jangan Cuci Tangan

'Tepung selaci putput' merupakan kepanjangan dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, mengunci kedua telapak tangan, kemudian putar-putar ujung jari di telapak tangan.

Cara ini dilakukan bukan sekadar gerakan mencuci saja, tapi sudah terbukti sangat efektif menghilangkan kuman di telapak tangan. Ronald mengatakan, penelitian telah membuktikan bahwa langkah cuci tangan tersebut jauh lebih efektif dibanding hanya mencuci tangan dengan gerakan biasa saja.

5 Momen Penting untuk Cuci Tangan Pakai Sabun, Kapan Saja?

Sebelum mencuci tangan dilakukan pemeriksaan jumlah kuman di tangan, kemudian dibandingkan orang yang mencuci tangan biasa dengan orang yang mencuci tangan dengan cara itu. Hasilnya, yang menggunakan tepung selaci putput jumlah kumannya berkurang hingga kurang dari 10 persen. Sedangkan yang mencuci tangan biasa kumannya masih tersisa 50 persen.

"Jadi, itu cara yang terbaik, tidak sembarangan. Sebab, semua permukaan kena, kuku, jari-jari, sela-sela semua kena," kata Ronald.

Ilustrasi anak sakit.

Pakar Sebut Penyakit Infeksi Rentan Menular, Tapi Cegahnya Mudah

Para pakar menegaskan bahwa cara paling mudah dalam mencegah penularan penyakit infeksi ini adalah dengan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya cuci tangan.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2023