Dua Tipe Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Perut buncit.
Sumber :
  • Pixabay/pezibear

VIVA.co.id – Menurunkan berat badan memang selalu membutuhkan usaha keras. Tapi tak jarang, banyak orang yang sudah berusaha mati-matian agar jadi langsing tapi tampaknya angka di timbangan tidak juga berubah.

Kenapa Perut Buncit Banyak Terjadi Pada Pria dan Wanita di Atas 35 Tahun?

Ternyata, seperti dilansir dari laman Times of India, masih sedikit dari Anda yang mengetahui bahwa ada beberapa tipe perut buncit dengan penyebab yang berbeda.

Lemak di kedua sisi perut

Cabai Bisa Atasi Perut Buncit, Gimana Caranya?

Perut buncit tipe ini biasanya terjadi karena gaya hidup yang malas bergerak atau sedentari, sering makan makanan manis, konsumsi alkohol, dan banyak mengonsumsi makanan bergula tinggi dan yang terbuat dari tepung.

Perut buncit tipe ini akan membuat Anda merasa seperti ada bantalan di kedua sisi perut. Untuk menghilangkannya, kurangilah konsumsi alkohol, makanan manis dan terbuat dari tepung-tepungan dan ganti dengan sayur serta buah segar.

Suka Minum Kopi Gula Aren? Hati-Hati Bisa Sebabkan Masalah Ini

Olahraga yang disarankan adalah lunges, squat, push up terbalik, bicycle crunches, dan Russian twist. Lakukan olahraga ini dengan rajin agar lemak tersingkirkan.

Lemak di sekitar pusar

Perut buncit seperti ini juga merujuk pada perut buncit karena stres. Lemak perut ini tebal dan sebagian besar menumpuk di area pusar. Penyebabnya karena stres kronis.

Selain itu, mengabaikan waktu makan, minum minuman berkafein yang berlebihan, mengonsumsi makanan tidak sehat, juga termasuk beberapa penyebab perut buncit tipe ini.

Anda bisa meluruhkan lemak ini dengan cara mengurangi stres. Caranya bisa dengan meditasi, tidur yang cukup, dan jika perlu, meminta bantuan profesional untuk menurunkan tingkat stres Anda.

Anda juga harus membatasi konsumi minuman berkafein dan mengurangi makanan yang diproses. Makan sehat bisa sangat membantu meningkatkan nafsu makan dan metabolisme Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium karena magnesium bisa mengurangi tingkat stres. Dapatkan asupan magnesium melalui makanan seperti sayuran hijau gelap, kacang-kacangan dan sebagainya.

Kemudian, jalani olahraga yang ringan dan bisa menenangkan Anda. Anda bisa mencoba berjalan kaki, yoga, atau mengikuti kelas di pusat kebugaran namun jangan terlalu memaksakan diri dalam mengikutinya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya