Wanita Usia 20-an, Jangan Abaikan 6 Masalah Kesehatan Ini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Luxstorm

VIVA.co.id – Wanita berusia 20-an secara umum mengalami beberapa perubahan signifikan dalam tubuh mereka. Mulai dari ketidakseimbangan emosional hingga perubahan hormonal hampir selalu dialami setiap wanita.

Bahaya di Balik Seksinya Pakai Skinny Jeans bagi Kesehatan Miss V

Tapi, jangan khawatir, jika hal ini bisa ditangani dengan tepat, masalah kesehatan akibat ketidakseimbangan emosional dan pengaruh hormon tidak akan terjadi. Namun, bukan berarti masalah kesehatan di usia 20-an boleh diabaikan. Berikut ini, beberapa peringatan kesehatan umum yang tidak boleh Anda lupakan seperti dilansir Times of India.

Nyeri pada panggul

Wanita, Pakai Pantyliner Setiap Hari Enggak Baik Lho

Nyeri panggul bisa jadi timbul akibat berbagai penyakit dan kondisi kesehatan. Jika Anda mengalami rasa sakit ini, jangan abaikan  karena hal ini dapat berkaitan dengan sistem reproduksi Anda. Segera konsultasikan dengan ginekolog.

Kelelahan

Jerawat Bisa Muncul di Area Kewanitaan, Begini Mengatasinya

Pada usia dua puluhan, Anda, khususnya wanita, dituntut memiliki energi yang tinggi. Tapi jika energi yang tinggi tak Anda miliki, maka ini bisa jadi masalah yang butuh perhatian. Jika sering mengalami kelelahan konstan, bisa jadi, ini indikasi anemia. Kurangnya aktivitas fisik, pola makan, kecemasan atau depresi yang buruk, bisa jadi beberapa alasan lain. Konsultasikan dengan dokter dan cari tahu akar penyebab kelelahan yang ekstrem.

Sakit saat buang air kecil

Jika kehidupan seks Anda aktif dan Anda mengalami gatal atau nyeri saat buang air kecil, waspada, Anda terkena penyakit menular seksual. Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah komplikasi dan penyakit fisik yang serius.

Perubahan pada payudara

Dengan bertambahnya usia, wanita mengalami fluktuasi hormon. Hal ini dapat menyebabkan perubahan ukuran atau dalam beberapa kasus, nyeri pada payudara. Anda perlu lebih memperhatikan jika Anda merasakan benjolan, pembengkakan atau nyeri pada puting susu. Penting untuk memeriksa gejala aneh karena dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Suasana hati sering berubah

Tidak banyak dari kita yang tahu bahwa masalah kesehatan mental dapat berkembang pada usia berapapun. Bahkan di usia 20-an, Anda mungkin mengalami gejala gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan depresi berat. Perasaan selalu ingin menarik diri dan pikiran bingung juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit jiwa. Wanita mungkin juga sering mengalami mood swings. Ini bisa jadi akibat perubahan hormon.

Sakit kepala konstan

Sakit kepala konstan merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian medis segera. Ada kemungkinan Anda menderita beberapa infeksi di sistem saraf pusat. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami sakit kepala yang konstan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya