5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Terlihat Tua

Susu
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA.co.id – Setiap wanita pasti mendambakan punya kulit yang cantik, halus dan lembut. Terlepas dari gen yang prima, jika ingin kulit cantik, dibutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya dari ujung kaki hingga ujung kepala.

8 Manfaat Minyak Bulus, Ampuh Kencangkan Payudara?

Tapi sayang,  tidak banyak dari kita yang tahu bahwa kebiasaan makan kita secara langsung, bisa mempengaruhi dan merusak kecantikan kulit.  

Ini, tergantung, bagaimana jenis kulit. Beberapa makanan yang kita anggap sehat, perlu diketahui, bisa menimbulkan malapetaka pada kulit. Dilansir dari laman Times of India, berikut daftar makanan yang memiliki kemampuan merusak kulit.

10 Kebaikan Kolagen, Ternyata Bisa Optimalkan Gigi dan Rambut

Garam

Terlalu banyak garam bisa menyebabkan bengkak di wajah. Karena kulit di sekitar mata kita terlalu halus dan tipis, konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar area ini. Menurut National Heart Lung and Blood Association, 500 mg merupakan asupan sodium harian yang aman setiap hari.

10 Cara Menjaga Kesehatan Kulit, Dijamin Tampak Cerah Merona

Produk susu

Mengonsumsi susu, memang bisa mendatangkan manfaat untk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kelopak mata bengkak, kantung di bawah mata, komedo, bintik-bintik, jerawat dan keriput di jembatan hidung.

Menurut sebuah penelitian, ada hubungan antara konsumsi susu dan jerawat yang lebih tinggi. Juga ditemukan bahwa jumlah hormon bioavail yang lebih tinggi dalam susu skim, menyebabkan jerawat di wajah. Pengamat berat badan menyarankan  agar konsumsi susu tidak berlebihan dan dianjurkan minum sekitar tiga gelas susu skim setiap hari dan satu atau lebih porsi yogurt rendah lemak atau keju cottage rendah lemak.

Gula

Gula tidak hanya menambah kalori tapi juga mempengaruhi tekstur kulit. Keriput di dahi, di bawah kantung mata, penipisan kulit, jerawat dan bekas luka, noda dan terlebih lagi, warna kulit pucat adalah beberapa efek samping dari konsumsi gula. Mengonsumsi produk yang kurang manis pasti bisa mengurangi masalah kulit ini. Menurut American Heart Association (AHA), jumlah maksimum gula tambahan yang harus Anda makan dalam sehari adalah, Pria: 150 kalori per hari (37,5 gram atau 9 sendok teh) dan Wanita: 100 kalori per hari (25 gram atau 6 Sendok teh).


Alkohol

Meski mengetahui efek sampingnya, kita tetap menikmati segelas alkohol. Bahaya kesehatan konsumsi alkohol juga bisa mengubah wajah Anda. Ini memberi Anda keriput yang tidak diinginkan, kelopak mata bengkak, kulit memerah, dan menyebabkan lipatan nasolabial yang dalam. Jika Anda pernah mengalami semua perubahan ini di wajah Anda, segeralah berhenti atau batasi konsumsi alkohol.

Produk dengan gluten

Produk makanan yang diperkaya dengan gluten juga bisa mengubah kulit wajah Anda. Produk ini bisa mengembangkan jerawat di dagu, dahi dan pipi, wajah bengkak dan pipi merah. Ini adalah kondisi yang kebanyakan terjadi pada orang yang alergi terhadap makanan kaya gluten. Lebih baik hindari asupan produk gluten. Ada baiknya Anda menjalani diet bebas gluten dan menghindari makanan dengan tepung putih. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya