Hotel yang Bersih Belum Tentu Bebas Kuman

Ilustrasi Kamar Hotel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat bepergian, kebanyakan orang mencari hotel untuk tempat bermalam dan beristirahat. Terkadang, kebanyakan orang pun merasa lebih nyaman saat memilih hotel sebagaoi tempat menginap ketimbang losmen atau tempat penginapan lainnya.

Jangan Panik! Ini Cara Menghindari Kutu Busuk saat Menginap di Hotel

Kamar hotel memang selalu tampak bersih.  Namun, meskipun kamar hotel selalu dibersihkan oleh petugas, ada baiknya Anda juga memperhatikan kebersihan kamar agar terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit.

Dilansir situs Real Simple, saat bepergian, Anda pun harus mempersiapkan alat-alat kebersihan di dalam koper. Ini penting untuk membantu menangani kuman.

Destinasi Staycation Baru yang Seru di Bekasi

Bawa selalu semprotan desinfektan ukuran kecil, beberapa tisu alkohol (atau disinfeksi), sandal, dan kantong plastik bening. Jika sudah masuk ke kamar hotel, apa yang pertama harus dilakukan ?

Cuci tanganmu

Pilihan Bermalam di Hotel Ramah Lingkungan

Anda mungkin telah menyentuh gagang pintu, menekan tombol lift, dan memegang uang. Perlu diketahui, 80 persen infeksi ditularkan melalui tangan.Jadi penting untuk menghilangkan patogen potensial di tangan Anda sebelum Anda mencemari semua yang ada di ruangan itu.

Periksa ruangan

Dimulai dengan kamar mandi, yang merupakan sumber kuman terbesar. Pakai tisu, angkat dudukan toilet dan semprotkan kedua sisi dudukan closet dengan disinfektan, meski terlihat bersih. Cuci gelas atau mug dengan sabun tangan dan air panas jika tidak dibungkus, dan keringkan. Selanjutnya, gunakan tisu alkohol pada hot spot yang sering tersentuh mulai dari gagang pintu, tuas toilet, sakelar lampu, telepon, radio, jam. Jangan repot-repot mencoba membersihkan celah-celah remote control. Sebagai gantinya geser ke dalam kantong plastik bening. Gunakan cara ini selama Anda tinggal, di dalam kamar.

Bagaimana untuk tempat tidur?

Jangan duduk atau menaruh barang apa pun di tempat tidur sampai Anda yakin itu bebas parasit. Waspadai segera jika Anda melihat noda darah kering, telur putih kecil, atau kulit kerang, yang sering berwarna kuning transparan atau pucat. Jika ada sprei, letakkan di pojok. Tinggalkan catatan untuk mengganti sprei.

Jangan sentuh tirai

Jauhkan tangan dari tirai. Banyak kuman terbentuk dari waktu ke waktu. Juga batasi kontak langsung dengan karpet dan furnitur sehingga tidak ada potensi jamur apapun ke kulit.

Mandi

Apa yang harus Anda lakukan sebelum mandi? Sebelum mandi, oleskan sampo ke dalam bak mandi dan bersihkan bak dengan air panas untuk mengurangi jumlah kuman di tempat Anda akan berdiri, bahkan jika bagian bawah bak mandi terlihat bersih. Jika Anda memiliki luka di kaki, perban dan pakai sandal jepit.

Orang-orang berpikir hotel kelas atas dijamin kebersihanya, tapi itu tidak selalu terjadi. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membaca ulasan penginapan secara online. Umpan balik dan foto khusus dari mantan tamu lebih bermanfaat daripada peringkat bintang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya