Tips Persiapkan Diri Jalani Puasa

Berdoa sebelum berbuka puasa.
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender

VIVA.co.id – Cuaca yang panas dan terik sering menjadi cobaan yang berat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Untuk itu, perlu persiapkan diri, sebelum mulai menjalankan ibadah puasa dari Subuh hingga Magrib.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Memasuki masa berpuasa, tentunya tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Ahli gizi dan nutrisi, Desy Nur Arista memberikan sejumlah tips bagaimana mempersiapkan diri memasuki bulan puasa. Yang pertama, siapkan dan latih tubuh satu atau dua minggu sebelumnya dengan mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit lebih banyak.

"Saat tidak puasa kita biasa makan tiga kali sehari dengan porsi yang lebih kecil. Ketika puasa, waktu makan jadi terbatas hanya dua kali saja," ujar Desy beberapa waktu lalu.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Kemudian, tingkatkan durasi atau jangka waktu Anda tidak makan dan minum dalam sehari serta tahan diri untuk tidak snacking atau ngemil. Tentunya yang selalu harus dilakukan adalah konsumsi makanan bergizi seimbang dengan variasi buah dan sayur.

Karena itu pula, Desy menganjurkan agar Anda selalu mempersiapkan stok makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan menjelang dan memasuki puasa.

Libur Lebaran Usai, Siapa Untung dan Buntung?

Dan, yang terakhir adalah tetap jalani sibuk bekerja dan jalani aktivitas seperti biasa agar Anda tidak terlalu fokus memikirkan tentang makanan. (mus)

Ilustrasi

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Sucikan hati sebelumnya bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2018