Merokok Saat Hamil Berbahaya bagi Hati Anak dalam Kandungan

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Merokok selama kehamilan cenderung menyebabkan kerusakan pada organ janin, terutama ke hati, dan mungkin membahayakan selamanya. 

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Seperti dikutip dari Indian Express, Minggu 4 Juni 2017, hal ini terungkap dalam temuan yang dipimpin oleh para peneliti dari Universitas Edinburgh, yang menunjukkan koktail kuat dari 7.000, bahan kimia pada rokok sangat berbahaya bagi sel-sel hati yang sedang berkembang prenatal.

Hati memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme dengan membersihkan zat beracun dari tubuh.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa bahan kimia ini merusak hati janin pria dan wanita secara berbeda. Sementara itu, jaringan pria menunjukkan jaringan parut hati, jaringan perempuan menunjukkan lebih banyak kerusakan pada metabolisme sel, kata peneliti.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Toxicology, tim ini mengembangkan cara baru untuk menganalisis efek merokok ibu pada jaringan hati dengan menggunakan sel induk embrionik.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

"Asap rokok diketahui memiliki efek merusak pada janin, namun kita kekurangan alat yang tepat untuk mempelajarinya dengan cara yang sangat rinci. Pendekatan baru ini berarti bahwa kita sekarang memiliki sumber jaringan terbarukan yang memungkinkan kita memahami efek seluler dari rokok pada janin yang belum lahir," kata David Hay dari University of Edinburgh.

Ilmuwan menggunakan sel induk pluripoten, sel non-khusus yang memiliki kemampuan khas untuk dapat berubah menjadi tipe sel lainnya untuk membangun jaringan hati janin.

Sel hati terkena bahan kimia berbahaya yang ditemukan di rokok, termasuk zat spesifik yang diketahui beredar pada janin saat ibu merokok. Hasilnya menunjukkan bahwa koktail kimia, serupa dengan yang ditemukan di rokok, membahayakan kesehatan hati janin lebih dari pada individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya