Tips Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Ilustrasi Botol Minuman
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA.co.id – Saat berpuasa, kebutuhan cairan juga harus diperhatikan, agar terhindar dari dehidrasi. Namun, seringkali, banyak yang merasa cukup mengonsumsi air yang dicampur dengan perasa, atau pemanis buatan.

Kurang Minum Ternyata Mempersingkat Usia, Kata Studi 

Selain nutrisi cukup, kebutuhan cairan berguna untuk membuat tubuh tetap bugar seharian. Sebab kekurangan cairan, dapat menyebabkan tubuh lemas dan letih saat berpuasa.

"Anjuran mengonsumsi air putih sama seperti tidak berpuasa, yaitu dua liter per hari, jadi meminumnya sebanyak delapan gelas per hari. Tubuh yang kekurangan cairan berdampak pada sulitnya konsentrasi, mudah mengantuk, dan sering sakit kepala," ujar spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, dalam media gathering Danone di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.

5 Tips Agar Tak Mudah Sakit Saat Puasa

Sayangnya, seringkali asupan air mineral terhambat dengan minuman manis. Padahal, kondisi ini yang akhirnya membuat tubuh malah kekurangan asupan cairan.

"Delapan gelas per hari itu, harus dari air putih saja. Banyak yang menganggap sudah minum air yang manis, akhirnya memilih mengabaikan air putih," kata dia.

Menu Takjil Artika Sari Devi Bikin Anak Semangat Puasa

Untuk itu, Dian mengingatkan untuk membatasi minuman manis guna mencukupi kebutuhan air putih pada tubuh. Batasan gula yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari kurang dari 10 persen total kalori per hari.

"Siasati kekurangan minum air putih dengan membatasi minuman manis yang berasal dari gula pasir. Asupannya rata-rata kurang dari 10 persen total kalori per hari. Misal, total kalori 1800, berarti maksimal asupan gula pasir sebesar 40 gram atau delapan sendok teh per hari," tutur dia.

Resep sayur Sup Kembang Waru

3 Manfaat Makanan Berkuah saat Sahur, Bikin Lebih Kuat Puasa?

Saat sahur, rupanya banyak orang yang juga lebih suka memakan makanan yang berkuah. Ternyata ada manfaat dari makan makanan berkuah saat sahur.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2023