Tips Cepat Jadi Ramping Selama Ramadan

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Berpuasa ternyata bisa menjadi momen tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Asupan makan yang terjaga selama bulan ramadan bisa membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Pengaturan pola makan di saat berpuasa bisa dijadikan momentum untuk memperbaiki diet. Dengan membatasi makanan, berpuasa selama ramadan ternyata bisa menjadi momen diet terbaik dibanding jenis diet yang lain.

"Berdiet saat puasa itu lebih baik, asal pengaturan makan konsisten. Dimulai dari kurangi porsi makan, gula hanya saat berbuka dan tidak gorengan," ujar spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari M.Gizi, SpGK., beberapa waktu lalu.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Selain itu, Dian mengingatkan pentingnya makanan bervariasi. Artinya, tidak hanya mengonsumsi satu jenis makanan. Dari sini, manfaat berpuasa tidak hanya sebagai diet, namun juga menjaga kesehatan tubuh

"Berpuasa juga mampu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar asam lemak dan perbaikan profil lemak sehingga memicu kestabilan berat badan serta meningkatkan efek pencegahan pada penyakit degeneratif," kata dia.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya

Lain halnya, jika pola makan malah menjadi berlebihan. Kondisi ini yang memicu puasa menjadi momen membuat berat badan meningkat.

"Selama makannya bervariasi, berat badan bisa stabil. Tapi, kalau saat buka dengan gorengan dan jumlah banyak, waspada berat badan malah meningkat ya," paparnya. (ren)

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024