Ini Penyakit Kulit Langka yang Diderita Istri Caisar YKS

Caesar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, istri dari komedian Caisar YKS, Indadari, dikabarkan menderita psoriasis, hingga harus berobat dan tinggal sementara di Paris. Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit kulit yang terbilang langka, karena diketahui hanya sekitar tiga persen penduduk Indonesia yang menderitanya.

Menjaga Kesehatan Kulit, Pemahaman Lebih dalam tentang Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh autoimun, atau kondisi sel kekebalan tubuh yang menyerang sel yang sehat. Secara umum, psoriasis ditandai dengan munculnya bercak merah meradang di kulit, penebalan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik dilepaskan, akan timbul bintik pendarahan di kulit bawahnya.

Presiden Persatuan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (PERDOSKI) dr. Syarief Hidayat, SpKK, mengatakan sebanyak tiga persen populasi dunia menderita penyakit psoriasis.

Berawal Saling Sindir, Richard Lee dan Kartika Putri Memanas Lagi

"Mungkin itu angka yang terlihat kecil, tapi perlu diketahui berapa banyak populasi di dunia, yaitu 7,3 miliar jiwa," kata Syarief saat ditemui belum lama ini.

Meski tidak menular, lanjut Syarief, tapi psoriasis dapat menyerang siapa saja. Kemungkinan penyakit ini disebabkan oleh sistem imunitas tubuh dan faktor gen.

Dicibir Richard Lee saat Sakit Kulit, Kartika Putri: Dia Orang Berpendidikan Kan?

Meski dipengaruhi faktor internal, faktor eksternal juga bisa memicu terjadinya psoriasis. Beberapa faktor eksternal tersebut di antaranya infeksi, luka, HIV, stres, berat badan, merokok, alkohol, dan perubahan hormon.

Beberapa fakta yang harus diketahui mengenai penyakit ini adalah bahwa psoriasis tidak dapat disembuhkan, tapi gejalanya dapat diminimalisir agar tidak mengganggu pasiennya. Penyakit ini dapat dirangsang oleh faktor eksternal seperti alkohol, merokok, debu, bulu binatang, dan setiap orang bisa berbeda pemicunya.

Psoriasis bisa muncul di bagian tubuh mana pun, bisa muncul di kulit kepala, tangan, kaki, hidung, bibir atas, dan bahkan alat kelamin. Syarief mengatakan, umumnya psoriasis muncul di daerah yang banyak terjadi tekanan seperti punggung atau siku. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya