Mammoprint, Deteksi Tepat Cegah Penyebaran Sel Kanker

Ilustrasi peduli terhadap kanker.
Sumber :
  • REUTERS/Jumana El Heloueh

VIVA.co.id – Sudah menjadi informasi umum bahwa kanker merupakan sel yang ganas. Namun, penyebaran kanker sendiri, tidak sama pada setiap individu. Hal ini yang membuat peneliti membentuk sebuah alat untuk menilai keganasan kanker di stadium dini.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Dituturkan peneliti Stem cell and Cancer Institute, Ahmad Rusdan, PhD., sekitar 30-40 persen pasien kanker payudara stadium dini, menyepelekan kondisinya. Padahal, stadium dini bukan berarti keganasan kanker tidak dinilai bermakna.

"Dari stadium dini ini, kita menentukan perlakuan apa yang tepat untuk pasien, karena tidak semua pasien harus dikemo, atau dibedah. Tindakannya berbeda-beda berdasarkan keganasan kankernya," ujar Ahmad, dalam temu media bersama Kalbe, di kawasan Gondangdia, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Mammoprint, sebuah alat yang dikhususkan untuk para pasien kanker payudara. Alat ini mendeteksi hingga gen yang dimiliki oleh tiap individu.

"Mammoprint dikhususkan untuk penderita kanker untuk melihat terapi yang tepat untuk mereka, apakah jalani kemo atau bedah. Tesnya sederhana, dengan mengambil jaringan kanker lalu isolasi DNA-nya sebanyan 70 DNA, setelah itu dianalisa. Jadi, kanker sudah bukan hal yang menakutkan lagi,"ujar dia.

Waspadai Risiko Kanker Tulang dari Kecelakaan, Bisa Picu Peradangan Parah

Deteksi dini ini bertujuan, agar pasien mendapatkan tindakan yang tepat. Sebab, stadium dini pada kanker, tidak semuanya harus segera diberikan kemoterapi.

"Lihat dulu perkembangannya melalui gen. Enggak semua pasien harus kemo langsung. Bisa saja melihat detail keganasan kanker dan ternyata tindakannya langsung dibedah saja, enggak perlu kemo," ujar spesialis bedah, Dr. dr. Nugroho Prayogo, SpPD, KHOM, di tempat yang sama. (asp)

Ilustrasi kanker.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Seringkali, apa yang diketahui soal pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024