Benarkah Stem Cell Mampu Obati Kanker?

Stem Cell
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Salah satu inovasi yang berkembang dalam dunia kesehatan adalah stem cell, atau sel punca. Metode ini dikatakan mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya kanker.

Asosiasi Kedokteran Seluruh Dunia Bakal Kumpul di International Health Conference Bali 2023

Tubuh manusia memiliki berbagai macam sel yang dibutuhkan bagi kesehatan. Tugas stem cell adalah untuk menciptakan berbagai jenis sel baru yang bisa berkembang menjadi sel lain.

"stem cell berkembang sesuai arahannya. Saat dia nempel di sebuah organ, dia akan berkembang untuk membentuk organ tersebut," ujar spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Nugroho Prayogo SpPD-KHOM., kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Jusuf Kalla Jalani Terapi Stem Cell, Para Ibu Negara Kepincut Pertunjukan KTT ASEAN

Dengan sifatnya yang mampu berkembang, stem cell dirasa mampu memulihkan tubuh yang diserang oleh sel kanker. Sebab, sebagian besar terapi kanker, memiliki efek samping yang tidak kecil.

"Pasien kanker kan diobati dengan kemo, radiasi, dan sebagainya, nah efek sampingnya ini cukup fatal. Sehingga dengan bantuan stem cell, dapat memulihkan organ yang diserang oleh kanker," paparnya.

Jusuf Kalla Jalani Terapi Stem Cell, Sakit Apa?

Untuk itu, Nugroho menuturkan bahwa stem sel tidak serta merta menyembuhkan. Melainkan, menjaga untuk memulihkan sel-sel yang dirusak saat proses penyembuhan kanker berlangsung.

"Stem sel bisa diberikan, saat terjadi kerusakan sel tubuh. Penggantian dengan  stem sel ini dapat membantu perbaikannya."

Melawan Penuaan Kulit

Bahan-bahan Ini Diklaim Ampuh Mencegah Penuaan Kulit

Salah satu cara efektif untuk mencegah penuaan kulit adalah dengan rutin menggunakan sunscreen setiap hari. Ini bertujuan untuk melindungi kulit dari efek negatif paparan

img_title
VIVA.co.id
29 November 2023