Ini Penyebab Wanita Lebih Cepat Gemuk Dibanding Pria

Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas.
Sumber :
  • Pixabay/ cocoparisienne

VIVA.co.id – Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa wanita terbukti lebih cepat gemuk dibanding kaum pria. Hal ini ternyata disebabkan oleh kehadiran hormon dalam tubuh wanita, yang memicu lemak lebih banyak.

Tubuh Gemuk Bikin Nggak Pede Padu Padan Hijab? Yuk Coba Tips Mudah Ini

Hormon esterogen yang dimiliki oleh kaum wanita kadarnya lebih besar dibanding pria. Hormon tersebut yang berfungsi untuk membangun lemak di dalam tubuh.

"Lemak dalam tubuh wanita dibangun dari sebuah hormon, yaitu esterogen sehingga tidak jarang, tubuh wanita lebih cepat gemuk dibanding pria," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Franciscus Ari, Sp.PD., kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Makan Alpukat Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Lebih lanjut, Ari mengatakan, lemak memang dibutuhkan sebagai energi dalam tubuh. Tetapi, lemak berlebihan akibat hormon esterogen yang juga bertambah di tubuh bisa memicu dampak buruk.

"Hormon esterogen biasanya ditemukan di pil KB. Makanya, mereka yang menggunakan KB cenderung mudah gemuk, karena hormon esterogennya ditambah. Kondisi ini tidak terlalu baik untuk tubuh," kata dokter yang bekerja di RS Pondok Indah Group, Bintaro itu.

Ini Sebabnya Orang Bisa Bertubuh Gemuk dan Kurus

Ternyata, lemak berlebihan bisa memicu kolesterol pada tubuh. Apalagi, pil KB yang mengandung esterogen memang memiliki sifat yang membangun lemak.

"Hormon ini adalah hormon anabolik (membangun lemak) karena membentuk sel lemak. Dia membentuk metabolisme lemak dan bukan memecah lemak, makanya berisiko memicu kolesterol,” lanjut Ari. (ren)

Foto ilustrasi tindakan operasi.

Heboh Seorang Wanita Buka Donasi Buat Operasi Kulit Gelambir

Heboh di sosial media mengenai seorang wanita yang menyukai makanan cepat saji yang berhasil menurunkan berat badan 80 kg dan kini buka donasi karena kulit gelambirnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023