Waspadai Penyakit Ini Serang Si Kecil saat Mudik

Ilustrasi mudik bersama keluarga
Sumber :
  • Viva.co.id/Solihin

VIVA.co.id – Menjelang Lebaran, persiapan untuk pulang kampung bertemu keluarga besar, menjadi tradisi yang tidak terlupakan. Namun, saat mudik, tidak jarang, banyak yang rentan menderita penyakit, khususnya kelompok bayi dan anak.

Waspada Mom, 4 Penyakit Rentan Mengintai Anak Pasca Lebaran

Bayi dan anak termasuk dalam kelompok yang rentan mengalami sakit. Terlebih, mudik ke kampung halaman, membutuhkan waktu yang cukup lama di jalan, sehingga serangan penyakit tidak terhindarkan.

"Kebanyakan penyakit yang sering muncul saat anak mudik yaitu batuk dan pilek. Selain itu, bila berlanjut, bisa demam, muntah, diare atau bahkan gatal-gatal pada kulit," ujar spesialis Anak, dr. Rosary SpA., di RS Evasari, Jakarta, Seninm 19 Juni 2017.

Kasus Campak Naik 32 Kali Lipat, IDAI Minta Masyarakat Waspada dan Segera Vaksin

Menurut Rosary, penyakit tersebut rentan diderita anak, karena fisiknya yang masih belum maksimal. Untuk itu, disarankan agar orang tua mampu mengenali gejala penyakit tersebut pada anak, walaupun gejalanya hanya terlihat sangat sedikit dan samar.

"Kalau anak alami gangguan kesehatan selama mudik, ibu dan ayah harus mengenali gejala penyakit apa dan perkiraan penyebabnya apa. Setelah dikenali, anak bisa dijauhkan dari penyebabnya dan bisa diberikan pertolongan pertama pada masing-masing penyakit," tutur Rosary.

6 Fakta Penting Bakteri Strep A, Infeksi Langka Sebabkan Anak-anak Meninggal Dunia

Pertolongan pertama, menurut Rosary, memang berbeda-beda pada tiap penyakit. Namun, jika pertolongan pertama telah diberikan dan si kecil belum juga membaik, ada baiknya untuk tidak melanjutkan perjalanan.

"Jika masalah tertangani dan tidak berat, bisa melanjutkan perjalanan. Tapi, jika setelah pertolongan pertama kondisi anak tidak membaik, segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat," kata dia.
 

Ilustrasi anak sakit.

Pulang Mudik Anak Rentan Kena Infeksi Virus, Kenali Penyebabnya

Tak sedikit orang tua yang cenderung kurang mengawasi anaknya di momen mudik dan justru berakibat pada dampak kesehatan si kecil saat tiba di rumah.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2023