Ukuran Payudara Besar Sebelah, Normalkah?

Bra/pakaian dalam.
Sumber :
  • Pixabay/jackmac34

VIVA.co.id – Payudara adalah salah satu aset wanita paling berharga. Namun seringkali, ketika bercermin, terlihat ukuran payudara yang tak sama. Terkadang yang kanan lebih besar, dan bagian kiri lebih kecil. Normalkah ukuran payudara yang asimetri?

Saking Besarnya Payudara, Wanita 28 Tahun Ini Malah Sering Kecelakaan Tak Terduga

Dilansir laman Times of India, mungkin masih banyak wanita tidak mengetahui fakta lebih jauh tentang payudara. Namun tahukah Anda bahwa wanita mungkin saja memiliki ukuran payudara berbeda.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 100 wanita, yang menginginkan pembesaran payudara dengan implan, menemukan bahwa sekitar 88 persen wanita memiliki payudara asimetri alami.

Wanita Ini Ungkap Derita Alami Perbesaran Payudara Setiap Tahun: Seksi Tapi Sakit

Dr Jayashree Sundar, Konsultan Senior, Obstetri dan Ginekologi di Max Multi Specialty Centre menjelaskan alasan mengapa, ukuran payudara tidak sama dan apa yang bisa dilakukan untuk membuatnya terlihat sama.

Itu normal

Payudara Tetap Montok di Usia Tua, Influencer Ini Ungkap Rahasianya

"Biasanya setiap payudara berukuran sedikit berbeda dari yang lain," kata Dr Sundar. Dalam beberapa kasus, telah ditemukan bahwa ukuran payudara yang tidak rata dapat menjadi alasan variasi anatomi normal. Sebagian besar bagian tubuh kita memang tidak simetris dan tidak ada yang salah jika terlihat sedikit perbedaan.

Perubahan hormonal

Alasan lain payudara asimetris, karena dipengaruhi oleh hormon. Dan payudara bisa berubah saat pubertas. Perubahan ini dapat menyebabkan satu payudara mulai tumbuh sebelum yang lain, bagaimanapun, payudara mungkin berhenti tumbuh pada saat bersamaan. Terkadang, perbedaannya bisa diabaikan dan tidak diperhatikan oleh siapapun. Namun, seringkali, saat melihat adanya perbedaan itu, akan terasa ganjil.

Ibu menyusui

Menurut Dr Sundar, "Ibu menyusui cenderung mengembangkan payudara dengan ukuran yang tidak rata atau sama. Ini karena terkadang ibu menyusui memberi makan bayi mereka hanya dari satu payudara. Hal ini bisa menyebabkan perbedaan ukuran dadanya. Untuk mencegah terjadinya perbedaan payudara, para ibu bisa mencoba memberi makan bayi dari kedua payudara untuk menjaga agar tetap terlihat simetri."

Benjolan di payudara

Benjolan payudara adalah pertumbuhan jaringan yang berkembang di payudara. Benjolan payudara ini sering dianggap kanker tapi juga bisa berkembang karena kondisi non-kanker. Cedera traumatis di payudara juga bisa menyebabkan benjolan di payudara.

Alasan lain dari benjolan payudara adalah payudara fibrokistik, suatu kondisi yang menyebabkan payudara wanita terasa kental atau mirip tali. Ini adalah kondisi yang umum dan tidak berbahaya. Namun, jika Anda merasa nyeri di payudara terlalu sering, segera periksa ke dokter.

Dan jika Anda selalu memperhatikan payudara, tapi tiba-tiba menyadari bahwa payudara Anda tumbuh tidak rata, ini mungkin menjadi masalah dan harus jadi perhatian. Segera periksakan juga ke dokter jika Anda merasakan adanya perubahan mendadak dalam ukuran atau bentuk payudara Anda.

Genetika

Dalam kebanyakan kasus, tidak diketahui penyebab perkembangan payudara yang berbeda ukuran antara satu dengan lainnya. Namun, dalam kasus tertentu, bisa karena alasan genetik. Gen Anda juga bisa bertanggung jawab atas ukuran payudara yang tidak rata. Ini karena gen memainkan peran penting dalam menentukan kekuatan ligamen dan elastisitas kulit Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya