Risiko Penderita Stroke dengan Kelainan Irama Jantung

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Penderita stroke dengan kelainan irama jantung cukup sering ditemukan. Kelainan irama jantung disebabkan karena gangguan sistem konduksi atau sistem 'listrik' pada jantung.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Penelitian menunjukkan bahwa 20 persen dari kejadian stroke terjadi pada pasien dengan Fibrilasi Atrial (FA) atau kelainan irama jantung. Dari penderita itu pun, seringkali berakibat fatal atau mencapai kematian dan menyebabkan kecacatan yang berat.

"Stroke ini (dengan kelainan irama jantung) bisa menjadi berat, cacat, dan kematian hingga 70 persen. Atau stroke yang kambuh terus menerus," kata Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Cipto Mangunkusumo, Prof.DR.dr.Teguh Santoso, Sp.PD, KKV, Sp.JP, FACC, FESC di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2017.

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

Adapun penyebabnya, Teguh menjelaskan, karena ada stroke yang terjadi tanpa ada warning atau peringatan dini. Di mana stroke terjadi langsung karena pembekuan pada jantung yang lepas dan menyumbat di pembuluh darah pada otak. Karena darah tidak bertransformasi dengan baik, sehingga menyebabkan kerusakan pada daerah otak.

Berdasarkan keterangan medis pun, ketika denyut jantung tidak teratur mengakibatkan aliran darah tidak lancar. Ini dapat mengakibatkan darah menggumpal dan terbentuklah bekuan darah atau Trombus di ruangan serambi jantung, paling sering terjadi di area LAA. Trombus lambat laun akan mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah di otak yang dapat mengakibatkan stroke.

Melihat Teknologi DSA yang Mampu Bantu Pengobatan Stroke Iskemik
Seafood

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Seafood merupakan sumber protein berkualitas tinggi karena mengandung lemak jahat yang rendah. Protein sendiri jadi salah satu nutrisi yang wajib dikonsumsi setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024