Minum Tiga Cangkir Kopi Sehari Bikin Panjang Umur

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Minum tiga cangkir kopi sehari – tanpa gula – bisa memperpanjang hidup Anda. Demikian ungkap penelitian di Amerika Serikat dan Inggris.

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

Menurut laman Metro.co.uk, Selasa, 11 Juli 2017, temuan itu didapat dari adanya kaitan antara meminum kopi dengan menurunnya risiko penyakit liver, masalah peredaran darah, penyakit jantung, stroke dan penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Menurut tim peneliti, manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi.

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Studi di Inggris – yang dilakukan oleh Imperial College London dan UN International Agency for Research on Cancer – meneliti 520 ribu orang berusia di atas 35 tahun yang tinggal di 10 negara selama sekitar 16 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki sedikit risiko, yakni 18 persen meninggal dalam periode penelitian tersebut, dibanding mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Bisa Dicontek, Ini Rahasia Ampuh Orang Jepang Bisa Berumur Panjang

Sayangnya, efek ini tidak terlalu kuat pada wanita. Wanita yang meminum tiga cangkir kopi sehari memiliki 8 persen risiko lebih kecil meninggal selama periode penelitian.

Penelitian di Amerika Serikat juga menemukan hasil yang serupa.

Meski demikian, ini bukan berarti Anda hanya bergantung pada kopi untuk tetap sehat. Perlu diingat bahwa mungkin orang yang minum tiga cangkir kopi sehari juga melakukan hal lain untuk menjaga kesehatan.

Caranya berupa olahraga teratur atau mengurangi porsi makan, maupun menghindari makanan yang tidak sehat.

Tapi, apa yang bisa kita pelajari dari studi ini adalah ada kaitan antara meminum kopi dengan risiko kematian yang menurun, khususnya karena penyakit pembuluh darah dan pencernaan. Kopi juga bisa berkhasiat memperbaiki masalah kesehatan dan membuat Anda hidup lebih lama. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya