Tak Suka Wortel, Makanan Ini Juga Mampu Sehatkan Mata

Ilustrasi telur mentah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Anda mungkin sering mendengar bahwa wortel adalah makanan terbaik untuk kesehatan mata. Karena, wortel memiliki kandungan betakaroten yang baik bagi kesehatan mata.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Namun, jika Anda tidak menyukai wortel, ternyata terdapat beberapa jenis makanan yang juga baik bagi kesehatan mata. Apa saja? berikut ini beberapa jenis makanan mulai dari sayur, buah, dan daging yang bisa Anda konsumsi yang memiliki manfaat sama baiknya dengan wortel. Seperti dilansir dari laman Health.

1. Sayuran hijau

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Berdasarkan sebuah studi, sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin-antioksidan. Artinya, kedua senyawa itu mampu menurunkan risiko pada mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Kuning telur

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Kuning telur adalah sumber utama yang dihasilkan lutein dan zeaxanthin plus. Juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

3. Jeruk dan buah beri

Buah ini adalah pusat kekuatan vitamin C, yang telah terbukti mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

4. Kacang almond

Kacang almond kaya akan vitamin E. Dapat melindungi mata pada umumnya, kacang almond juga akan memberikan sekitar setengah dari dosis asupan vitamin E yang terserap.

5. Ikan berlemak

Ikan tuna, salmon, makarel, dan ikan asin termasuk dalam ikan berlemak. Ikan-ikan tersebut kaya akan DHA. Adapun asam lemak pada ikan tersebut mampu dikaitkan dengan sindrom mata kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya