Konsumsi Tiga Jenis Buah Ini Sebaiknya Dibatasi

Kelengkeng atau lengkeng.
Sumber :
  • Pixabay/ Bigtreetgroup

VIVA.co.id – Buah memiliki khasiat baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini membuat banyak orang mengira bahwa semua jenis buah, baik untuk dikonsumsi. Padahal, tidak semua buah baik untuk tubuh.

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Buah mengandung gula yang juga dapat memengaruhi kadar gula darah di tubuh, sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Buah yang terlalu manis, ternyata tidak terlalu direkomendasikan untuk dikonsumsi.

"Memilih buah jangan yang terlalu manis karena mengandung tinggi gula juga. Buah yang manis itu mencakup sawo, nangka, atau kelengkeng," ujar Kepala Departemen Medik Ilmu Gizi RSU Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), dalam diskusi media, di RPTRA Teratai, Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Salah satu buah yang dianjurkan yaitu buah jambu biji. Buah tersebut memiliki tingkat manis yang normal dan wajar. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak khasiat baik untuk tubuh.

"Kalau mau, boleh jambu biji ya, dia tidak terlalu manis. Jambu biji juga termasuk buah yang serat dan vitamin C-nya tinggi, sehingga membuat imunitas kuat," kata dia.

Bisa Tingkatkan Libido, Konsumsi Buah Ini Bikin Urusan Ranjang Jadi Makin Erotis

Direkomendasikan juga agar mengonsumsi buah-buahan, rutin setiap hari. Sebab, tubuh membutuhkan kandungan baik dari buah, yang tidak dapat dibuat oleh tubuh setiap harinya.

"Makan buah harus teratur, karena kandungan buah dan sayur itu dibutuhkan setiap hari. Kandungan vitamin di dalamnya, dibutuhkan tiap hari oleh tubuh. Siasati buah sebagai camilan di waktu senggang agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi," kata dia.

Ilustrasi diabetes.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Diabetes merupakan kondisi medis yang memengaruhi cara tubuh anda memproses gula darah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki dampak langsung pada kadar gula darah

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024