Sayur dan Buah Berwarna Cerah Pencegah Sakit Jantung

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Studi terbaru menemukan, lutein, kandungan baik yang memberi warna cerah pada buah dan sayur, dapat menurunkan peradangan pada pasien dengan penyakit jantung koroner. Penelitian ini terbukti bermanfaat pada 193 pasien tersebut.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Dilansir dari laman Star2, peneliti dari Linkoping University, Swedia, mengobservasi kandungan kadar karotenoid di dalam darah dari 193 pasien yang memiliki penyakit jantung koroner.

"Jumlah pasien yang memiliki pengalaman pada penyakit infark miokard (terhentinya aliran darah pada vena jantung menyebabkan mati jantung karena kurang oksigen), terbukti memiliki kadar peradangan yang lebih rendah di tubuh, setelah menerima perawatan yang efektif mencakup medis dan gaya hidup. Perlu dipahami, peradangan kronis ini berkaitan dengan buruknya gaya hidup yang dijalani," ujar peneliti, Lena Jonasson.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Kandungan karotenoid memberi warna alami seperti merah, oranye, dan kuning yang memberi warna cerah pada tanaman, sayur dan buah. Pada buah, biasanya dapat dilihat di tomat atau sayuran hijau seperti bayam.

Penelitian sebelumnya juga menemukan karotenoid dengan nama beta-caroten dan likopen, yang dikaitkan dengan peradangan. Kedua kandungan baik itulah yang menjadi faktor kunci dari ragam jenis penyakit jantung koroner, seperti infark miokard dan angina pectoris jantung (nyeri dibelakang tulang dada akibat berkurangnya pasokan darah pada otot jantung).

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

Untuk melihat potensi efek anti-peradangan, para tim juga memastikan kadar peradangan di dalam darah dengan menggunakan alat bernama interleukin-6, IL-6. Mereka mengobservasi hadirnya lutein yang berkorelasi dengan IL-6, di mana tingginya kadar lutein membuat kadar IL-6 menjadi rendah.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024