Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 14:14 WIB
  • Sayur dan Buah Berwarna Cerah Pencegah Sakit Jantung

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Sayur dan Buah Berwarna Cerah Pencegah Sakit Jantung
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi buah dan sayur

VIVA.co.id – Studi terbaru menemukan, lutein, kandungan baik yang memberi warna cerah pada buah dan sayur, dapat menurunkan peradangan pada pasien dengan penyakit jantung koroner. Penelitian ini terbukti bermanfaat pada 193 pasien tersebut.

Dilansir dari laman Star2, peneliti dari Linkoping University, Swedia, mengobservasi kandungan kadar karotenoid di dalam darah dari 193 pasien yang memiliki penyakit jantung koroner.

"Jumlah pasien yang memiliki pengalaman pada penyakit infark miokard (terhentinya aliran darah pada vena jantung menyebabkan mati jantung karena kurang oksigen), terbukti memiliki kadar peradangan yang lebih rendah di tubuh, setelah menerima perawatan yang efektif mencakup medis dan gaya hidup. Perlu dipahami, peradangan kronis ini berkaitan dengan buruknya gaya hidup yang dijalani," ujar peneliti, Lena Jonasson.

Kandungan karotenoid memberi warna alami seperti merah, oranye, dan kuning yang memberi warna cerah pada tanaman, sayur dan buah. Pada buah, biasanya dapat dilihat di tomat atau sayuran hijau seperti bayam.

Penelitian sebelumnya juga menemukan karotenoid dengan nama beta-caroten dan likopen, yang dikaitkan dengan peradangan. Kedua kandungan baik itulah yang menjadi faktor kunci dari ragam jenis penyakit jantung koroner, seperti infark miokard dan angina pectoris jantung (nyeri dibelakang tulang dada akibat berkurangnya pasokan darah pada otot jantung).

Untuk melihat potensi efek anti-peradangan, para tim juga memastikan kadar peradangan di dalam darah dengan menggunakan alat bernama interleukin-6, IL-6. Mereka mengobservasi hadirnya lutein yang berkorelasi dengan IL-6, di mana tingginya kadar lutein membuat kadar IL-6 menjadi rendah.