Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 14:25 WIB
  • Jangan Minum Kopi di Atas Jam 2 Siang

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Jangan Minum Kopi di Atas Jam 2 Siang
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Minum kopi pahit secara teratur bisa jaga kesehatan.

VIVA.co.id – Bagi mereka yang suntikan energi untuk bekerja lebih semangat, kopi menjadi salah satu solusinya. Kopi tidak hanya mengusir kantuk, tapi juga membuat seseorang bisa kuat terjaga seharian.

Meski demikian, mendapatkan tidur yang berkualitas juga penting untuk meregulasi suasana hati kita. Selain itu, juga untuk mencegah kita menjadi mudah tersinggung dan marah.

Namun, dua hal ini, kopi dan tidur, jelas tidak bisa bekerja sama dengan harmonis. Kafein memberi pengaruh pada tubuh kita dalam berbagai cara, dan konsumsi kopi kita saat siang hari bisa mengganggu kemampuan kita untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Jadi, dilansir laman Mirror.co.uk, Anda harus membatasi minum kopi pada jam tertentu di siang hari.

"Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh, bisa sangat memengaruhi tidur Anda," kata Dr Andrew Rochford.

Meski efek kafein sebagian didasarkan pada pembentuk gen kita, tapi mayoritas dari kita akan terpengaruh secara buruk dari konsumsi kopi di siang hari. Hal ini karena kafein mengubah zat kimia di otak dan menghalangi tindakan zat kimia otak alami yang berkaitan dengan tidur.

Rochford mengatakan, Anda bisa mengonsumsi kopi paling akhir pada jam 13.00 atau 14.00. Namun, jika Anda sering mengalami sulit tidur atau sensitif terhadap kafein maka Rochford menganjurkan untuk minum kopi terakhir Anda lebih awal.

"Anda harus punya barometer Anda sendiri, tapi aturan umumnya adalah tidak minum kopi setelah makan siang," imbuh Rochford.