Sikat Gigi Malam Hari Efektif Kurangi Bakteri Mulut

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Banyak yang melakukan ini karena kebiasaan, tetapi kenapa kita harus menyikat gigi pagi hari? Sebagian orang, mungkin memilih meminum teh, atau kopi sebelum menyikat gigi. Bahkan, sebagian ada yang menyantap sarapan terlebih dahulu.

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

Lantas, mana yang lebih baik, menyikat gigi dahulu begitu bangun di pagi hari atau tidak? Berikut, beberapa hal yang harus Anda ketahui seperti dilansir laman Times of India, Senin 17 Juli 2017.

Ketika kita tidur, produksi air liur di dalam mulut kita melambat. Akibatnya, bakteri memiliki peluang untuk berkembang biak dengan cepat dan memakan enamel gigi.

Sikat Gigi dan Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Begini Hukumnya

Kecepatannya pun bisa sampai membuat enamel gigi terdemineralisasi dengan sangat cepat. Jadi idealnya, hal pertama yang harus dilakukan ketika bangun pagi adalah menghilangkan bakteri-bakteri ini. Hal ini bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi kita tetap terjaga.

Tak hanya pagi hari, menyikat gigi malam harus juga penting dilakukan. Selama seharian, Anda memakan segala macam makanan, dan sebagian sisa makanan menempel pada gigi Anda. Hal ini bisa memicu perkembangan bakteri yang bisa mengikis enamel gigi.

Hati-hati, Malas Sikat Gigi Bikin COVID-19 Mudah Berkembang Biak

Selain menyikat gigi, Anda juga perlu melakukan floss. Floss juga penting untuk melengkapi perawatan dan kebersihan mulut dan gigi.

Lalukanlah secara rutin dengan melakukan floss terlebih dahulu, kemudian menyikat gigi. Cara ini akan menghilangkan berbagai partikel makanan yang tertinggal di antara gigi Anda.

Sikat gigi pakai pasta gigi

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Round-up dari kanal Lifestyle pada Rabu, 7 Juli 2021. Salah satunya artikel mengenai larangan langsung sikat gigi setelah bangun.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2021