Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 13:30 WIB
  • Operasi, Dokter Temukan Selusin Lensa Kontak di Mata Pasien

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Operasi, Dokter Temukan Selusin Lensa Kontak di Mata Pasien
Photo :
  • pixabay/Twnynina
Ilustrasi mata.

VIVA.co.id – Sebuah kasus medis yang aneh terjadi di Inggris, seorang wanita menggunakan dua lusin lensa kontak di satu matanya, namun tidak menyadarinya.

Kasus tersebut beredar viral di Inggris, awal Juli lalu, setelah media kedokteran British Medical Journal menjadikannya headline.

Seorang dokter ahli bedah mata Rupal Morjaria yang menangani kasus ini baru-baru ini memberi keterangan kepada awak media soal operasi yang dilakukannya.

Dilansir laman Miami Herald, Senin 17 Juli 2017, kasus itu terjadi pada bulan November 2016 lalu, ketika seorang wanita berusia 67 tahun pergi ke dokter untuk menjalani operasi mata rutin.

Ketika operasi dimulai, dr Morjaria dan rekan-rekannya mengeluarkan sesuatu berwarna biru. Ternyata, itu adalah dari 17 lensa kontak yang semuanya sudah saling menempel di mata kanannya.

Kemudian, para dokter menemukan sejumlah 10 kontak lagi di mata kirinya, sehingga totalnya menjadi 27 kontak pada kedua matanya.

"Tak satu pun dari kita pernah melihat ini sebelumnya, benda itu sangat besar. Semua 17 lensa kontak itu saling menempel pada mata kirinya. Kami benar-benar terkejut bahwa pasien tidak menyadarinya. Padahal, lensa kontak tersebut telah menyebabkan iritasi yang begitu parah," ujar dr Morjaria

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pasien memakai kontak lensa sekali pakai (bulanan) selama 35 tahun. Namun, ia sama sekali tidak mendatangi dokter mata. Padahal, wanita malang ini tidak tahu cara menggunakan lensa kontak tersebut.

Keluhan yang disampaikan wanita itu hanya merasa tidak nyaman, karena usia tua dan ia mengaku matanya cepat kering.

"Dia cukup terkejut, ketika dua minggu, setelah operasi dia mengatakan bahwa matanya terasa lebih nyaman.”

Tidak disebutkan berapa lama wanita itu hidup dengan lensa kontak di matanya.

Namun, menurut Piedmont Healthcare, FDA merekomendasikan, agar lensa kontak tidak dapat digunakan terlalu lama pada mata. Minimal, setelah seharian menggunakan lensa kontak, benda berukuran kecil itu harus dilepas dan dibersihkan. Memakai kontak lensa terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan kornea. (asp)