Tanpa Obat, Ini Cara Sederhana Cegah Maag

Ilustrasi sakit maag.
Sumber :
  • VIVAlife

VIVA.co.id – Sakit maag cenderung banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Meski sepele, tetapi kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas. Sehingga, perlu penanganan tepat untuk mencegahnya.

Bukan Sakit Maag, Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Begini Cara Bedakannya

Gejala pada sakit maag berupa rasa tidak nyaman di ulu hati, mual, muntah, dan terasa kembung. Hal ini biasanya dipicu oleh gaya hidup yang kurang baik.

"Pemicu maag biasanya didominasi oleh gaya hidup yang kurang baik, seperti makannya tidak teratur, porsi makan terlalu banyak, makan yang terburu-buru, makan makanan yang mengandung pedas," ujar Medical Manager CHD Kalbe, Dr. Helmin Agustina, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gak Dipenjara karena Sakit Lambung, Lina Mukherjee Isyaratkan Diintimidasi Seseorang

Selain faktor makanan, lanjut Helmin, tren minuman berkafein juga mulai menjamur. Itu memicu masyarakat untuk konsumsi banyak minuman mengandung kafein.

“Minuman berkafein itu memicu maag. Ditambah dengan rokok, kemudian tingkat stres yang meningkat yang dialami di masyarakat yang tinggal di kota besar," katanya.

Ternyata, Sakit Gigi Hingga Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Pertanda Penyakit Jantung

Sehingga, Hilmi merekomendasikan, adanya perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Perubahan sederhana itu, bisa dimulai dari pengaturan pola makan, serta jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

"Makan tepat waktu, seperti jangan melewatkan sarapan, kemudian mengunyah dengan perlahan. Hindari juga minuman bersoda dan kafein. Tambahkan juga dengan waktu untuk berelaksasi meredakan stres."

Ilustrasi sakit Maag.

Catat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Maag merupakan kondisi peradangan atau iritasi pada lambung yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung yang berlebih.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023