Penyebab Orang Gemuk Suka Mendengkur

Ilustrasi pria tidur mendengkur
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Pernahkah Anda memerhatikan seseorang dengan berat badan berlebih atau gemuk saat tidur cenderung mendengkur. Hal ini karena kegemukan membuat lidah orang yang berlebihan berat badan turun ke belakang sehingga menutup jalur napas.

Lucu dan Aesthetic, Lampu Tidur Aonez Paling Laris di TikTok

Menurut dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, karena lemak orang yang gemuk banyak menumpuk di bagian rahang sehingga menutup saraf. Kondisi ini membuat lidah menjadi turun ke belakang.

"Sehingga mereka kalau tidur terutama telentang akan mengorok," kata Samuel kepada VIVA.co.id.

5 Tips Mendapatkan Tidur yang Baik dan Berkualitas

Jika hal ini dibiarkan, bisa membahayakan bagi mereka yang kegemukan.  Karena, kondisi ini bisa memicu obstructive sleep apnea, suatu kondisi di mana napas berhenti untuk beberapa saat.

Karena itu, Samuel sering menganjurkan bagi mereka yang kegemukan untuk tidur dalam posisi tengkurap seperti bayi atau menyamping.

6 Hal yang Perlu Diperbaiki Agar Tidur Malam Berkualitas

"Atau dengan menumpuk bantal yang tinggi," kata Samuel.

Selain gangguan tidur, kegemukan juga terutama di bagian perut juga bisa menyebabkan penyakit serius. Lemak perut bisa menyelubungi hati sehingga hati bisa mengkerut lalu mengalami pengerasan hingga mengakibatkan kanker hati.

Chelsea Olivia

Chelsea Olivia dan Sandra Dewi Bagikan Rahasia Tidur Anak yang Berkualitas

Sandra Dewi dan Chelsea Olivia, yang dikenal karena kecantikan dan kesuksesan mereka di dunia hiburan, tidak hanya fokus pada jam tidur anak-anak mereka.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2023