Kanker Tiroid Bisa Disembuhkan, Ini Caranya

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Sebagian besar masyarakat di Indonesia, masih berpendapat bahwa penyakit kanker merupakan momok menakutkan yang hampir tidak mungkin disembuhkan. Namun, dari berbagai jenis kanker, kanker tiroid merupakan salah satu kanker yang dapat disembuhkan.

Rambut Rontok Hingga Mata Perih, Awas Tanda Gangguan Tiroid

Kanker tiroid terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kelenjar ini adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia.

Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Dokter FK-UI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD, K-EMD,PhD menjelaskan bahwa kanker tiroid merupakan salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan angka kekambuhan yang relatif kecil.

"Kanker Tiroid ini salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan angka kekambuhan yang relatif kecil. Masyarakat diharapkan tidak terlalu khawatir, yang penting adalah melakukan deteksi dini secepatnya, apabila menemukan adanya benjolan di daerah tiroid bisa langsung berkonsultasi," ungkapnya saat ditemui di Kawasan Jakarta Pusat, Jumat 21 Juli 2017.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Dia menyebut, untuk dapat menyembuhkan kanker tiroid ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni terapi dengan operasi pengangkatan seluruh kelenjar tiroid, supresi dengan hormon tiroksin, dan bila diperlukan terapi ablasiu iodium radiasi.

"Pada sebagian besar pasien akan diperoleh angka harapan hidup lima, atau bahkan 10 tahun dapat mencapai 100 persen, yang penting pasien yang terkena kanker ini bisa dapat patuh terhadap tatalaksana yang dianjurkan oleh dokter jika memang terdiagnosa kanker tiroid," paparnya. (asp)

Ilustrasi kanker.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Seringkali, apa yang diketahui soal pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024