Indonesia Rentan Flu Burung, Cegah dengan Vaksin Influenza

Ilustrasi virus influenza.
Sumber :
  • http://www.pasiensehat.com

VIVA.co.id – Pemberian ragam jenis vaksin pada buah hati, bertujuan untuk mencegah serangan virus yang rentan memicu penyakit berbahaya. Salah satu jenis vaksin yang juga cukup penting yakni vaksin influenza.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Pemberian vaksin influenza saat ini, belum menjadi bagian dari program pemerintah Indonesia. Namun, vaksin influenza cukup penting pada buah hati, agar terhindar dari penyakit flu mematikan.

"Vaksin influenza itu untuk kasus flu pandemik atau virus flu yang berpotensi menjadi wabah, termasuk flu burung. Di Indonesia, kasus flu burung masih rentan terjadi," ujar spesialis anak konsultan penyakit tropikal & infeksi, Dr dr Hinky Hindra Sataro, Sp.A(K), M. TropPaed., ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah.

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Indonesia dirasa masih rentan terhadap kasus flu burung. Dituturkan Hinky, pemeliharaan unggas yang tidak sesuai prinsip, masih menjadi pemicu flu burung terjadi.

"Flu burung itu adalah penyakit pada unggas. Hal itu terjadi karena pemeliharaan unggas tidak memperhatikan prinsip kesehatan seperti pemberian makanan yang baik, pemberian vaksin unggas, serta tempat penampungan unggas yang harusnya jauh dari pemukiman warga," ujarnya.

Ternyata 1 dari 3 Orang Merasa Lebih Nyaman saat Kondisi Sakit

Masih banyaknya masyarakat yang menempatkan unggas di dekat pemukimannya, membuat flu burung akhirnya menular. Tidak menutup kemungkinan, kondisi ini membuat wabah flu burung akan terjadi dan menyebar ke berbagai daerah.

"Pencegahan penyebaran flu burung bisa dilakukan dengan vaksin influenza yang diberikan pada anak sejak usia 6 bulan. Selain itu, warga harus menempatkan unggas jauh dari pemukiman, memberikan vaksin unggas, makanan yang baik, ventilasi udara yang cukup di kandang unggas serta mengendalikan limbah unggas itu," paparnya. (one)

Sakit flu

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai bahaya penuh dari mengidap dua penyakit itu, COVID-19 dan influenze sekaligus.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023