Gagal Jantung Ternyata Bukan Berarti Jantung Setop Bekerja

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Pixabay/sbtlneet

VIVA.co.id – Sudah seharusnya orang tak lagi menyepelekan gagal jantung. Itu karena gagal jantung adalah kondisi kesehatan yang serius, di mana jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh, disebabkan oleh melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Hal ini menyebabkan darah yang ada di dalam tubuh tidak dapat mengantarkan cukup oksigen dan makanan ke seluruh tubuh agar bekerja dengan normal, dan dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah atau letih.

Selain itu, tubuh pun menjadi tidak dapat membersihkan hasil limbah di dalam tubuh dengan benar, sehingga dapat terjadi penumpukan cairan di paru-paru dan bagian tubuh lainnya, seperti kaki dan perut.

Keluarga Kenang Sosok Donny Kesuma, Ingin Semua Anaknya Sukses

Meski disebut 'kegagalan' jantung, hal tersebut bukan berarti bahwa jantung di dalam tubuh akan berhenti bekerja, melainkan jantung mengalami kesulitan bekerja untuk memenuhi kebutuhan tubuh, terutama ketika melakukan aktivitas fisik.

Lalu, apa penyebab penyakit gagal jantung?

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

Menurut rilis yang diterima VIVA.co.id dari Novartis Indonesia, Minggu, 30 Juli 2017, gagal jantung adalah stadium akhir dari semua kelainan atau penyakit jantung. Berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung bawaan, penyakit katup, PJK dan hipertensi, semua dapat berujung pada gagal jantung.

Banyak kondisi yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Faktor-faktor tersebut tidak jarang didapatkan bersama-sama pada seorang individu, sehingga risiko untuk menderita penyakit kardiovaskular jauh lebih meningkat

Beberapa faktor risiko tersebut antara lain adalah hipertensi, diabetes mellitus, dislipidemia (gangguan metabolisme lemak), kurangnya aktivitas fisik, obesitas, asam urat dan merokok. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya