10 Jenis Makanan Ini Ampuh Cegah Depresi

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Jika Anda ingin mengatasi lapar, sekaligus amarah dengan cara yang cerdas, kesepuluh jenis makanan ini bisa menjadi jawaban.

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri

Dilansir laman Times of India, Rabu 2 Agustus 2017, makanan-makanan ini tidak hanya memuaskan lidah Anda, tetapi juga membantu membangkitkan mood Anda. Hal ini, karena makanan berikut memiliki zat pembangkit mood alami maupun buatan.

Cokelat hitam

Profil Areum Eks T-ARA, Karier hingga Alami KDRT dan Nyaris Akhiri Hidup

Cokelat hitam memiliki persentase cokelat yang paling tinggi, dengan kandungan gula lebih rendah. Ditambah dengan bahan kimia yang disebut dengan serotonin, cokelat hitam dianggap sebagai pembangkit mood paling efektif. Selain itu, kandungan antioksidan dan flavonoid di dalamnya juga membantu menjaga tekanan darah dan hasilnya, Anda bisa mengatur rasa marah dan stres.

Yoghurt

Areum Eks T-ARA Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Kandungan kaya protein dan kalsium dalam semangkuk yoghurt, mampu mengatasi depresi dan rasa marah. Yogurt juga mengandung bakteri yang disebut dengan lactobacillus yang membantu mengurangi kadar metabolit  dalam darah yang disebut kynurenine, yang dapat mengusir depresi dan rasa marah.

Kenari

Kaya akan kandungan asam lemak omega 3, kenari dikenal sebagai salah satu obat depresi alami paling efektif. Kandungan asam lemak ini juga membantu mengeluarkan bahan kimia pembangkit rasa senang dalam otak manusia dan karenanya, dapat meningkatkan mood dan membasmi depresi secara efisien.

Pisang

Depresi menyebabkan menurunnya serotonin neurotransmitter, dan pisang sebagai sumber serotonin yang kaya, membantu meningkatkan kadar biokimia yang banyak ditemukan di saluran gastrointestinal, trombosit darah, dan sistem saraf tubuh manusia. Kurangnya serotonin menjadi penyebab rasa marah dan depresi. Pisang juga mengandung triptopan, zat kimia otak yang membantu mengatur rasa senang.

Teh hijau

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, teh hijau mengandung asam amino yang disebut dengan L-theanine yang membantu sistem saraf memproduksi lebih banyak serotonin dan membantu mengatasi depresi dan rasa marah.

Kunyit

Penelitian menyebutkan bahwa kunyit yang mengandung fitokimia yang disebut dengan curcumin, bisa bertindak sebagai pelindung dari respons peradangan yang dikaitkan dengan depresi. Menariknya, kunyit juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan kemampuan bertahan sel saraf, dan inilah alasan kita dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Ubi

Ubi sangat kaya akan vitamin B6. Kekurangan dari vitamin ini telah lama dikaitkan dengan gejala depresi di banyak penelitian. Ubi juga bisa menjadi alternatif pengganti kentang yang lebih rendah kalori.

Jeruk

Jeruk melambangkan optimisme dan kehidupan baru. Jeruk memiliki minyak esensial yang terdapat di kulitnya dan biasanya digunakan untuk melawan depresi. Jeruk bisa membawa rasa senang dengan perasaan tenang, dan juga membantu menenangkan, dan menstabilkan saraf tubuh.

Jamur

Jamur dapat mengatur insulin darah yang membantu menurunkan gula darah dan mengurangi peluang terjadinya depresi. Jamur dapat meningkatkan bakteri sehat di dalam saluran cerna yang mengakibatkan pertumbuhan serotonin di dalam tubuh yang bisa mengatur mood.

Ikan

Ikan adalah sumber yang kaya akan nutrisi meliputi asam lemak omega 3, protein, vitamin, dan mineral, yang sebagian besar dikaitkan dengan menurunnya kadar stres dalam tubuh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya