Ukuran Betis Kecil Picu Kematian Dini?

Ilustrasi kaki
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Indikator kesehatan tubuh, biasanya dilihat berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT). Tapi, menurut studi terbaru, kesehatan tubuh kini bisa dinilai berdasarkan ukuran kaki seseorang.

Cedera Betis, Apriyani/Fadia Mundur di 16 Besar Asian Games 2022

Dilansir dari laman Medical Daily, ukuran betis yang kecil, menandakan bahwa kesehatan tubuh seseorang tersebut, kurang baik. Pada mereka yang memiliki betis yang kecil, berisiko tiga kali lebih besar mengalami kematian dan atau penyakit kardiovaskular.

Peneliti memaparkan, studi ini menunjukkan bahwa betis yang kecil, menandakan buruknya metabolisme tubuh seseorang. Di mana, proses metabolisme berperan penting pada keseluruhan fungsi di tubuh, seperti penyimpanan cadangan lemak, pemakaian organ tubuh, dan penggunaan otot.

Gaji Rendah Picu Kematian Dini, hingga Bahaya Obesitas Selain Pemicu Diabetes

Normalnya, baik buruknya proses metabolisme seseorang diukur dengan IMT. Semakin tinggi angka IMT, maka semakin buruk permasalahan metabolisme tubuhnya. Namun, penelitian terbaru menemukan indikasi lain dalam menilai proses metabolisme tubuh.

Dari penelitian ini, sebanyak 981 subjek dengan tubuh bervariasi, 18 persennya ditemukan memiliki proses metabolisme tubuh yang kurang baik. Selain itu, hasil lainnya, menemukan rendahnya kadar lemak di area betis, berkaitan erat dengan risiko metabolisme tubuh.

Lakukan Kegiatan Ini Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini, Mudah dan Gratis

Menurut National Institutes of Health, sindrom metabolisme merupakan sekelompok faktor risiko yang meningkatkan risiko gangguan jantung dan penyakit lainnya. Beberapa faktor sindrom metabolisme tersebut mencakup besarnya ukuran pinggang, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Ilustrasi kesepian.

Rasa Kesepian dan Isolasi Sosial Bisa Percepat Kematian Dini

Jika kamu kesepian atau terisolasi secara sosial, kamu mungkin memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi, lho. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2023