Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 11:25 WIB
  • Studi: Penggemar Kopi Pahit Cenderung Psikopat

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Studi: Penggemar Kopi Pahit Cenderung Psikopat
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Kopi.

VIVA.co.id – Minum kopi sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat. Tapi siapa sangka, ternyata, pilihan jenis sajian kopi juga dapat menentukan karakteristik seseorang.

Dilansir dari laman Reader's Digest, seseorang yang gemar mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, ketimbang latte (kopi susu), dapat mengindikasikan kecenderungan psikopat dalam dirinya. Menurut sebuah studi dari University of Innsbruck, Austria, orang yang lebih memilih kopi hitam, seringnya memiliki karakteristik psikopat atau sifat sadis.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Appetite, yang melakukan survei pada lebih dari 1.000 orang dewasa mengenai pilihan rasa yang mereka sukai. Setelahnya, mereka mengambil tes empat kepribadian yang mencakup narsisme, psikopat, sadisme, dan agresif.

Hasil penelitian itu menemukan adanya kaitan antara peminum kopi hitam dan penikmat rasa minuman pahit lainnya, dengan karakter sadis atau psikopat. Selain itu, kelompok yang lebih menyukai rasa susu atau gula dalam kopinya, atau rasa manis lainnya, cenderung orang yang simpati, dapat bekerja sama, dan baik.

Tapi, jangan takut dulu. Peneliti menjelaskan, penelitian mengenai rasa kopi pahit ini masih perlu diobservasi lebih jauh dan studi yang lama. Para peneliti juga belum memiliki alasan jelas di balik hubungan antara penyuka rasa pahit dengan kepribadian tersebut.

Penelitian lainnya juga telah menemukan khasiat kopi hitam untuk kesehatan tubuh. Di mana mereka yang lebih banyak konsumsi kopi murni tanpa tambahan gula atau susu, cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik, dibanding peminum kopi dengan tambahan gula atau susu. (ase)