Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 10 Agustus 2017 | 10:35 WIB
  • Berapa Waktu Ideal Berolahraga?

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Isra Berlian
Berapa Waktu Ideal Berolahraga?
Photo :
  • Pixabay/Keifit
Ilustrasi olahraga

VIVA.co.id – Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat membantu seseorang untuk membuat tubuh sehat dan bugar. Selain itu, kebanyakan orang berolahraga karena ingin memiliki tubuh ideal.

Dengan alasan itu, mereka pun rajin berolahraga setiap saat. Namun, sebenarnya berapa lama waktu ideal bagi tubuh melakukan olahraga?

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustin menyebut bahwa waktu ideal olahraga sama seperti yang dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menyarankan seseorang untuk melakukan olahraga selama 150-300 menit setiap minggu atau 30 menit per hari.

"Sebaiknya melakukan olahraga itu setiap hari (per hari) dalam hal ini baiknya lima kali dalam seminggu atau 30 menit per hari," kata dia, kepada VIVA.co.id, baru-baru ini.

Sementara bagi pemula, ada baiknya melakukan olahraga secara bertahap. Misal, melakukan olahraga setiap hari selama pekan pertama dan pada pekan kedua, lakukan dua kali dalam sepekan.

"Olahraga itu bertahap dengan maksud agar ada adaptasinya dalam tubuh," ujarnya.

Sementara bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan, bisa melakukan olahraga sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun dengan total durasi waktu tetap 30 menit.

Kendati demikian, olahraga tiga kali sehari tidak dianjurkan lantaran bagi yang belum terbiasa justru akan membuat lelah dan sakit. Karena itu, dia tidak menganjurkan untuk olahraga terlalu keras bagi pemula.

"Orang yang sama sekali enggak olahraga mulai sehari sekali 30 menit per hari tapi kalau enggak kuat jangan dipaksakan. Kalau kuatnya 15 menit per hari, besok naik jadi 20 menit," tutur dr Helmin.