Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 11 Agustus 2017 | 05:00 WIB
  • Konsumsi Sedikit Wine Tingkatkan Kreativitas

  • Oleh
    • Rochimawati,
    • Bimo Aria
Konsumsi Sedikit Wine Tingkatkan Kreativitas
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi wine

VIVA.co.id – Meminum wine, atau anggur secara berlebihan mungkin memang membuat seorang mabuk. Namun, menurut peneliti dari Australia, minum segelas anggur kecil ternyata membantu meningkatkan kreativitas. 

Menurut peneliti utama Dr Mathias Banedek, alkohol sangat terkait dengan kreativitas. Penelitian sebelumnya telah menemukan, hampir setengah dari penulis besar memiliki sejarah minum. 

"Kami menemukan bahwa minuman kecil memang bisa membantu aspek kreativitas tertentu," kata dia. Seperti Benedek jelaskan bahwa minum secara moderat secara bersamaan bisa membuat pekerjaan terfokus sedikit lebih sulit. 

"Mungkin hal ini bekerja untuk seseorang yang sedang duduk untuk melakukan penulisan kreatif, atau gagasan brainstorming di ruang rapat," saran Benedek dilansir dari independent, Kamis 10 Agustus 2017.

Dalam penelitiannya, beberapa peserta diberi sebotol bir biasa sementara yang lain diberi bir non-alkohol, yang tidak dapat mereka bedakan. Mereka kemudian diberi serangkaian tugas asosiasi kata, misalnya, mereka diminta untuk menghubungkan "swiss", "blue" dan "cake". Mereka yang telah minum alkohol lebih mungkin menebak dengan tepat bahwa keju adalah kata yang menghubungkan.

Diterbitkan di jurnal Consciousness & Cognition, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka yang telah mengonsumsi lebih banyak alkohol menjadi kurang fokus. Itu lah penjelasan mengapa mereka mabuk. 

Ketika fokus menyelesaikan masalah, seorang bisa terpaku dan pikiran hanya fokus pada hal itu. Alkohol membuat hal itu lebih sulit dalam tes berpikir, tetapi alkohol bisa membantu dengan cara lain. Alkohol, yang mengganggu tes utama, membuat Anda memasuki alam bawah sadar dan mencari solusi alternatif.

"Ada dua teori untuk bagaimana ini bekerja," jelas Dr Benedek. "Yang pertama adalah ketika Anda benar-benar berfokus untuk memecahkan masalah, Anda bisa menjadi terpaku sehingga pikiran Anda terjebak dalam satu cara untuk mengatasinya."

Dia melanjutkan, alkohol membuat lebih sulit untuk menyimpan semua parameter tugas dalam pikiran, tetapi itu juga dapat membantu Anda datang dari arah lain. (asp)