Manfaat Mengejutkan Permainan Lego untuk Orang Dewasa

Bermain Lego
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Permainan Lego, memang telah diketahui punya manfaat menghibur dan edukatif bagi anak. Tapi selain bagi anak, ternyata bermain Lego juga bermanfaat bagi orang dewasa.

Ogah Renovasi Lagi, Ruben Onsu: Ini Bangun Rumah, Bukan Lego

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie M.Psi,CH, mengatakan bahwa ada tiga kebutuhan yang tidak bisa dilepas dari manusia, yakni Cinta, Pekerjaan, dan Bermain.

Seiring dengan bertambahnya umur, Liza mengatakan, orang dewasa sering mengesampingkan kebutuhan untuk bermain.

Ada Lego Unik Berbentuk Sepeda Motor Vespa

Padahal, menurut Liza, dengan bermain Lego, orang dewasa juga lebih mampu untuk melakukan manajemen stres. Seperti diketahui, tingkat stres orang dewasa muda memang cenderung lebih tinggi.

"Main Lego juga jadi sarana komunkasi sosial orang dewasa," kata Liza, saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat 11 Agustus 2017.
 
Selain itu, Liza juga mengutarakan, dengan bermain Lego, juga mampu mengasah kemampuan bagi orang dewasa untuk lebih mendengarkan, berbicara dan berempati. Di samping itu, tambah Liza, Lego juga membantu untuk meningkatkan produktifitas belajar serta bekerja.

Lego dan Mainan Antik Tak Kalah Menjanjikan Dibandingkan Saham

"Di luar negeri LEGO sudah digunakan untuk memfasilitasi proses menghasilkan ide-ide kreatif (brainstorming) dan memecahkan masalah (problem solving)," ungkap Liza.

Sedangkan yang terakhir, Liza mengatakan bahwa Lego juga berkontribusi positif terhadap kesehatan mental.

"Bahkan terapi orang berkebutuhan khusus dan penilaian psikologis anak juga dapat dilakukan dengan Lego," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya