Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 15:03 WIB
  • KARS Tekankan Standar Rumah Sakit Terakreditasi

  • Oleh
    • Beno Junianto
KARS Tekankan Standar Rumah Sakit Terakreditasi
Photo :
  • Rumah Sakit Islam Jemursari
Rumah Sakit Islam Jemursari

VIVA.co.id – Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) kembali mengingatkan perihal standar rumah sakit yang terakreditasi. Tujuannya, agar standar pelayanan rumah sakit di Indonesia semakin baik.

Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dr.Sutoto mengatakan, pasien punya hak untuk dilayani oleh rumah sakit yang sudah terakreditasi. “Bila ada pasien diperlakukan tidak baik oleh layanan rumah sakit, bisa melaporkan ke bagian customer service rumah sakit tersebut. Pihak manajemen rumah sakit harus merespons setiap keluhan pasien,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu 13 Agustus 2017.

Sutoto menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, KARS menggelar Semiloka Akreditasi. Tujuannya, agar para direktur atau pengelola rumah sakit mendapatkan pemahaman yang mantap mengenai standar akreditasi rumah sakit yang baru (SNARS Ed 1).

“Juga agar mendapat pencerahan tentang cara – cara mempersiapkan proses akreditasi di rumah sakit masing masing. Sehingga diharapkan setelah mengikuti Semiloka ini rumah sakit tidak ragu lagi untuk mengajukan permintaan akreditasi rumah sakitnya pada KARS dengan standar yang baru,” ucap Sutoto.

Menurut Sutoto, kini, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 34 tahun 2107 yang diberi kewenangan melakukan akreditasi adalah lembaga independen yang sudah terakreditasi ISQua. Dan lembaga KARS telah terakreditasi ISQua baik untuk organisasinya maupun sistem rekrutmen dan pelatihan calon surveyornya.

Sebelumnya digelar pertemuan ilmiah 1450 surveyor KARS. Pertemuan ini merupakan kegiatan reguler yang dilaksanakan setiap tahun bagi seluruh surveior dan tahun 2017 merupakan kegiatan tahun ke-3 yang dilaksanakan.

Tahun 2016 dan 2017 minat dan kesiapan rumah sakit untuk mengikuti akreditasi sudah meningkat secara signifikan. Dari catatan yang ada lebih dari 1.100 rumah sakit yang telah dilakukan akreditasi dengan standar versi 2012 baik melalui program akreditasi reguler maupun program khusus. (mus)