Pukul 15.00 Waktu Terbaik Tidur Siang, Mengapa?

Ilustrasi tidur siang
Sumber :
  • pixabay/Hans

VIVA.co.id – Tidur siang bisa jadi adalah sebuah keterampilan. Karena, tidak semua orang mampu memejamkan mata hanya 30 menit di tengah hari, meski sedang kelelahan sekalipun.

dr Zaidul Akbar: Tidur di 2 Waktu Ini, Lemak Rontok Jantung Sehat

Tapi, bagi mereka yang bisa tidur siang, ada manfaat kesehatan besar yang didapat seperti meningkatkan produktivitas dan kekuatan otak.

Dilansir laman The Independent, untuk mendapatkan manfaat besar tersebut, ada waktu paling tepat untuk tidur siang, yaitu pukul 15.00.

Pentingnya Tidur Siang dan Konsumsi Madu untuk Imunitas Si Kecil

Penyebabnya, kembali pada ritme sirkadian tubuh kita di mana ritme ini menukik di sekitar pukul 15.00. Selain itu, banyak pula orang yang mengalami rasa kantuk setelah makan siang atau penurunan fokus, sehingga membuat jam ini jam tepat untuk tidur siang.

Sebaiknya, Anda tidur siang selama 20-30 menit saja. Jika tertidur lebih lama, Anda akan jatuh tertidur pulas dan menimbulkan rasa pening selama satu jam setelah bangun. Kondisi ini disebut juga dengan inersia tidur.

Studi: Tidur Siang Dapat Membantu Fungsi Kognitif

Meskipun tidur siang bisa sangat berharga terutama bila Anda kurang tidur di malam sebelumnya, tapi tidur siang terlalu lama bisa membuat Anda sulit tidur di malam harinya.

"Ketika Anda kurang tidur, hanya ada hal buruk yang terjadi pada suasana hati, konsentrasi, kesehatan, dan sisten imun Anda," kata Rajkumar Dasgupta, asisten profesor pengobatan klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan benar-benar dapat menghalau efek kurang tidur.

Setelah tidur siang, seseorang bisa lebih waspada, kreatif, memiliki keterampilan mengingat yang lebih baik, dan kinerja belajar lebih baik. Anda juga kemungkinan kecil akan membuat kesalahan dan mengalami kecelakaan.

Dan ingat pula, orang yang baru bangun tidur siang biasanya merasa segar dan lebih bersemangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya