Studi: Merencanakan Liburan Bisa Sebabkan Stres

Ilustrasi-Berlibur
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA.co.id – Umumnya kegiatan berlibur adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Namun pada kenyataannya sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang memesan tiket berlibur jauh-jauh hari akan mengalami stres ketika mendekati tanggal keberangkatan.

Tetangga Berisik Tingkatkan Risiko Gangguan Mental

Liz Sharples, seorang dosen di bidang Pariwisata di University of Portsmouth, Inggris, mengutarakan, meskipun orang-orang telah menantikan liburan mereka dalam sepanjang tahun, didapati bahwa beberapa orang sering khawatir, stres dan bahkan kecewa saat liburan mereka telah dekat.

Sharples menambahkan bahwa penelitiannya sejauh ini menunjukkan bahwa beberapa orang mungkin merasa tidak sehat pada beberapa hari menjelang liburan mereka.

Wow, Kini Kadar Stres Bisa Dideteksi Lewat Air Liur

Dalam penelitiannya, wanita paling rentan menghadapi kondisi tersebut di mana sebanyak 40 persen wanita melaporkan peningkatan stres selama merencanakan liburan hingga waktu liburan berbanding dengan pria yang hanya sekitar 31 persen.

Ia menjelaskan, tanpa stereotip gender, penelitian menunjukkan bahwa seringkali wanitalah yang mengatur tugas pra-liburan seperti membeli barang baru atau barang penting, mengatur perawatan hewan peliharaan, merapikan rumah dan mengemas untuk semua orang.

3 Dampak Stres pada Hormon dan Berat Badan

"Wanita pekerja juga mendapat tekanan dari pekerjaan mereka dan gabungan keduanya dapat menyebabkan penurunan kesehatan dan kesejahteraan pra-liburan."

Namun, dia menambahkan bahwa, bukan hanya wanita, hal tersebut juga dapat terjadi pada pria, namun ini pun tergantung pada tipe orang Anda.

"Beberapa orang yang memang miliki tipe yang sangat terorganisasi tapi khawatir tentang segala hal yang harus mereka lakukan. Ini berarti orang-orang pergi karena liburan mereka merasa lelah, bukan menggairahkan dan bergairah.

Berikut ini, tips-tips yang disarankan oleh Sharples yang dikutip dari laman Star2.

1. Buat daftar 'hal yang harus dilakukan'

Kedengarannya sepele, tapi bisa membantu Anda mengingat barang-barang penting.

2. Mintalah bantuan, tapi jangan sampai jatuh ke satu orang libatkan pasangan, teman atau keluarga Anda.

3. Atur beban kerja Anda sebelum perjalanan

Rencanakan beban kerja Anda beberapa minggu sebelum liburan Anda. Sehingga tidak menumpuk jelang liburan yang menyebabkan stres.

4. Siapkan kebutuhanmu

Periksa beberapa hal mulai dari cuaca, visa dan perlengkapan kesehatan, mulai dari kecukupan obat. Periksa atau atur asuransi perjalanan.

5. Rencanakan perjalanan lebih awal

Jangan melakukan perencanaan kegiatan pada menit-menit akhir rencanakan lebih awal untuk menghilangkan tekanan.

6. Periksa tiket dan dokumen Anda sebelumnya, hingga cek peraturan ketentuan kapasitas bagasi Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya