Panty Liner Bisa jadi Sarang Bakteri Organ Intim Wanita

Ilustrasi panty liner
Sumber :

VIVA.co.id – Menjaga area kewanitaan adalah hal yang penting. Selain untuk menjaga kebersihan, area kewanitaan juga harus dijaga kelembabannya.

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Panty liner biasanya digunakan para wanita untuk menjaga kebersihan area kewanitaannya. Namun, panty liner yang digunakan terlalu sering, ternyata berisiko memicu penumpukan bakteri di area organ intim wanita.

"Area intim itu tidak boleh terlalu lembab, terlalu kering, atau terlalu basah. Kelembaban yang pas dan tepat, memicu keseimbangan bakteri yang baik. Kalau kelembabannya sudah tidak seimbang, berdampak pada sedikit banyaknya bakteri di vagina," ujar spesialis kandungan, dr. Ardiansjah Dara, SpOG, MKes., dari Rumah Sakit Siloam Hospital Semanggi, di Talkshow Pencegahan Kanker Serviks bersama MRCC Siloam Semanggi, di Gedung Walikota Jakarta Selatan, Senin 28 Agustus 2017.

5 Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim, Yuk Terapkan Ladies

Pentingnya menjaga kelembaban area intim, tidak lepas dari pakaian yang dikenakan. Dimulai dari pakaian dalam, celana atau rok, hingga panty liner.

"Nah di sini harus dipahami, penggunaan panty liner itu jangan sering-sering karena membuat area intim sulit mendapatkan udara. Artinya, pemakaian panty liner memicu area intim semakin pengap yang kemudian berdampak pada pertumbuhan kuman yang semakin banyak," papar dokter Dara.

6 Tipe Selaput Dara Wajib Diketahui, Sering Salah Dianggap Tanda Perawan

Untuk itu, meminimalisir pemakaian panty liner sangat disarankan oleh Dara. Hanya saat sedang alami keputihan yang berlebihan saja, penggunaan panty liner dibutuhkan. Selebihnya, cukup dengan rutin mengganti pakaian dalam.

"Saat lagi banyak keputihan saja baru boleh pakai panty liner. Jaga kelembaban area intim wanita cukup dengan rutin ganti celana dalam tiga kali sehari dan jangan pakai celana terlalu ketat," paparnya.

ilustrasi organ intim/vagina.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

Pernah mendengar istilah ratus vagina ketika pergi ke salon kecantikan atau spa? Ya, ratus menjadi salah satu treatment atau perawatan yang umum dilakukan oleh wanita.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2023