Cara Jitu Deteksi Bau Mulut Sendiri

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Bau mulut sering kali datang tak terduga. Biasanya bau mulut seseorang akan terdeteksi oleh lawan bicara dan bukan dari orang yang memiliki bau mulut itu sendiri.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Ironisnya, seringkali lawan bicara enggan mengatakan kalau partner bicaranya memiliki bau mulut, karena hal itu terkait tata kerama dan sopan santun.

Seseorang memang tidak dapat mencium bau mulutnya sendiri, hal itu terjadi karena indra penciuman kita secara langsung telah beradaptasi dengan bau tersebut.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Meski demikian, ternyata ada cara tertentu yang dapat dilakukan oleh diri sendiri untuk mendetekasi bau mulut. Head of Profesional Marketing Manager PT Johnson & Jhonson Indonesia, Kumaladewi, DVM, MFSc, memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendetaksi bau mulut.

"Kalau kita hanya menghembuskan napas kemudian menciumnya itu akan terasa sulit. Kita enggak akan tahu apakah mulut kita bau atau tidak," ungkapnya saat ditemui di kawasan Gatot Subroto Jakarta Selatan, Selasa 29 Agustus 2017.

Bau Mulut Bikin Rasa Percaya Diri Berkurang? Lakukan 5 Cara Alami Ini

Untuk itu, perlu langkah lain yakni dengan melakukan tiga tahapan dimulai dari menjilat pergelangan tangan, kemudian biarkan sebentar hingga kering kemudian kita cium air liur yang sudah kering tersebut apakah bau atau tidak.

Bau mulut yang berasal dari rongga mulut dapat disebabkan oleh pembusukan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi, hingga kebiasaan merokok yang menyebabkan terjadinya bau mulut. 

Lebih lanjut, Kumaladewi menyarankan beberapa cara yang mudah untuk menghindari bau mulut tersebut. Salah satunya dengan rajin menggosok gigi sehari dua kali pada saat sesudah makan pagi dan malam sebelum tidur.

Jika Anda malas atau tidak sempat menggosok gigi, pilihan lain untuk menghilangkan bau mulut adalah berkumur dengan mouthwash selama 30 detik pada pagi dan malam hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya