Mudah Panik? Coba Lakukan Ini

Ilustrasi cemas, panik, takut
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Serangan panik biasanya terjadi secara tiba-tiba, disertai rasa cemas ekstrem yang dipicu oleh ketakutan akan suatu hal atau situasi yang emosional. Ternyata, cara menangani situasi seperti ini tidak sulit.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

Dilansir dari laman Reader's Digest, serangan panik biasanya terjadi selama 10 menit lamanya. Selain itu, kondisi ini disertai tanda-tanda panik yang mencakup napas cepat, detak jantung meningkat, nyeri dada, serta tangan dan kaki yang gemetar.

Dengan mengenali tanda serangan panik ini, penanganannya akan lebih mudah. Berikut tiga penanganan mudah untuk mengatasi serangan panik.

Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh Rektor Nonaktif UP Mengaku Trauma Lihat Gedung Kampus

1. Jauhi penyebabnya

Jika serangan panik disebabkan oleh fobia  tertentu atau kondisi emosional, sebaiknya segera jauhi hal-hal itu. Dengan mengetahui penyebabnya, serangan panik dapat lebih mudah diatasi.

Menguak Tirai Depresi: Gejala, Solusi, dan Dukungan untuk Kesembuhan

2. Ngobrol

Coba menenangkan diri dengan berbicara pada orang lain. Dengan begitu, otak akan teralihkan dari penyebab serangan panik yang terjadi.

3. Bernapas dalam

Bernapas dalam dan perlahan akan membantu tubuh memiliki ventilasi lebih. Biarkan tubuh menarik nafas dalam, buang secara perlahan, dan lakukan hingga beberapa kali sampai merasa tenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya