Merunut Proses Terjadinya Gigi Berlubang

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, jumlah masalah gigi dan mulut di Indonesia mencapai 25,9 persen. Di antara masalah gigi dan mulut itu, ada 4,6 persen mengalami infeksi gigi berlubang, artinya di antara 100 orang ada 460 orang yang mengalami gigi berlubang.

Sudah Rajin Dibersihkan, Bau Mulut Tanda Ada Penyakit?

Drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc menyatakan, banyak faktor yang menyebabkan masalah gigi dan mulut. Salah satunya adalah cara menggosok gigi yang salah.

"Seringkali orang menyikat gigi secara horizontal, kiri ke kanan, itu bisa mencederai gigi dan menyebabkan gigi sensitif. Kemudian sikat gigi terlalu keras, dianjurkan sikatnya yang lembut dan kepala sikat kecil sesuai ukuran mulut masing-masing," ujar Mirah kepada VIVA.co.id.

VIDEO: Enggak Mau Sakit Gigi? Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

Gigi berlubang, lanjut Mirah, merupakan infeksi bakteri yang faktornya dari gigi dan keadaan rongga mulut, dan saliva. Dari substrat makanan atau sisa makanan yang kita konsumsi, dan waktu, bisa membentuk gigi berlubang. Kemudian kondisi rongga mulut, dan kondisi gigi yang tidak rata sehingga sulit dibersihkan, bisa meningkatkan risiko gigi berlubang.

"Makanan yang kita konsumsi, frekuensi, dan teksturnya juga bisa bersifat kariogenik atau meningkatkan risiko gigi berlubang," katanya.

13 Obat Sakit Gigi Alami dan Obat Apotik yang Paling Ampuh

Menyikat gigi dua kali sehari, pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, menjadi cara efektif untuk cegah gigi berlubang. Selain itu, memeriksakan gigi ke dokter enam bulan sekali juga tidak boleh dilewatkan.

Penggunaan pasta gigi berfluoride juga bisa menjadi cara mencegah gigi berlubang. Mirah menjelaskan, fluoride akan membentuk senyawa kuat yang bisa mempertahankan gigi dari serangan bakteri.

Ilustrasi bau mulut.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

Banyak orang mengalami gangguan bau mulut saat berpuasa, hal ini karena kurang memerhatikan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini nantinya bisa buat penampilan jadi berkurang

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2023