Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 05:06 WIB
  • Konsumsi Pisang untuk Sarapan, Ini Syaratnya

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Konsumsi Pisang untuk Sarapan, Ini Syaratnya
Photo :
  • Pixabay/stevepb
Buah pisang.

VIVA.co.id – Rasanya manis dan mudah dikonsumsi, membuat buah pisang menjadi sumber sarapan pagi yang paling diburu masyarakat. Tetapi, cukupkah asupan buah pisang saja sebagai sarapan pagi?

Perlu dipahami, kebutuhan energi untuk beraktivitas pada wanita dan pria memiliki perbedaan. Pada pria, kebutuhan kalori tersebut mesti lebih banyak dari wanita.

"Angka kecukupan gizi dari aspek energi yang harus dimakan pada pria sekitar 1800-2100 kalori dan wanita 1500-1800 kalori. Kebutuhan tersebut juga harus sesuai dengan usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan aktivitas," ujar Ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Dalam memenuhi angka tersebut, peran sarapan pagi sangat besar. Namun, tidak jarang, karena padatnya aktivitas, banyak orang yang hanya konsumsi makanan yang mudah disajikan, salah satunya buah pisang.

"Kalau mau makan pisang, pilih yang masih agak mengkel (tidak terlalu tua) agar karbohidratnya cukup serta gulanya rendah. Pilih yang warnanya kuning dengan segaris hijau. Konsumsinya juga cukup satu buah saja," paparnya.

Tidak cukup sampai di situ, Samuel menekankan pentingnya jenis zat gizi lain untuk melengkapi sarapan pagi. Konsumsi buah pisang saja, dirasa kurang untuk mencukupi kebutuhan zat gizi.

"Paling pas satu buah saja saat sarapan. Selain pisang, harus dilengkapi juga dengan protein dari putih telur, atau susu." (asp)